Cerita Penjual Busana Muslim di e-Commerce, Ekspor hingga Malaysia

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 09:43 WIB
Penjual busana muslim di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus
Ilustrasi. Foto: Dian Untoro Aji
Jakarta -

Shopee Indonesia memeriahkan Ramadhan tahun ini dengan menghadirkan Shopee Big Ramadan Sale TV Show. Hal itu dilakukannya untuk mendukung kemajuan para pelaku usaha mikro atau UMKM di Indonesia.

Pada program TV Show yang digelar Jumat (30/4) lalu misalnya semarak Shopee Big Ramadhan turut menghadirkan kisah inspiratif dari pelaku UMKM, salah satunya Pemilik toko JILBABKHU yakni Eka Wahyu Ningsih. Eka turut membagikan kisahnya dalam merintis usaha secara online melalui platform Shopee.

Dia mengatakan berawal dengan merintis bisnis fashion muslim secara offline di Jawa Barat, ia kemudian memutuskan untuk menjual produk-produknya secara online di Shopee sejak tahun 2018.

"Dengan binaan yang diberikan Shopee untuk para seller, dan juga memberikan platform yang mudah menjangkau calon-calon konsumen baru, JILBABKHU mengalami peningkatan penjualan yang amat drastis," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, usaha yang dirintisnya tersebut tidak hanya berhasil meraup keuntungan besar. Namun juga sukses menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Lebih lanjut, Eka pun turut mendaftarkan JILBABKHU ke dalam Program Ekspor Shopee 'Dari Lokal untuk Global'. Sehingga ia berhasil mengekspor produk-produknya hingga ke Malaysia dan Singapura meski di tengah masa pandemi COVID-19.

Diketahui, sejak bulan Februari 2021 kemarin, Shopee telah membantu 1,5 juta produk UMKM untuk ekspor produk yang dihasilkan oleh tenaga lokal ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina melalui program 'Dari Lokal untuk Global'.

Selain Eka, Shopee juga menampilkan kisah sukses pelaku UMKM dan seller lain yang telah berhasil merambah dunia digital dan menghasilkan produk-produk berkualitas dan bersaing, misalnya nanoTECH PROTECTION, Cargloss, juga Pie Susu Dhian.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan ke depannya, Shopee terus berkomitmen untuk mendukung gerakan #ShopeePilihLokal. Shopee akan senantiasa memajukan UMKM tanah air dengan memberikan edukasi, bimbingan, serta wadah bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya dan mendapatkan hasil maksimal dari penjualan mereka.

"Tak lupa, Shopee juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung karya anak bangsa dan bangga menggunakan produk-produk Indonesia," jelasnya.

Sebagai informasi, Shopee Big Ramadan Sale TV Show telah digelar pada tanggal 30 April 2021 lalu. Acara televisi itu digelar juga dalam rangka merayakan semarak bulan puasa sekaligus puncak kampanye belanja Shopee Big Ramadan Sale dengan menghadirkan sederet selebriti Tanah Air.

Shopee Big Ramadan Sale TV Show juga menghadirkan sejumlah sesi games seru yang menghadirkan permainan khas Shopee, seperti Goyang Shopee dan Shopee Tangkap. Melalui sesi ini, Shopee bagi-bagi hadiah gratis bagi para pengguna dan penonton di rumah, seperti Mitsubishi Xpander Cross, Honda Brio RS CVT, motor Honda ADV ABS, iPhone 12 Pro Max 512 GB, hingga logam mulia 10 gr.

Tak lupa, Shopee juga menyediakan promo belanja spesial selama acara televisi ini berlangsung, seperti Flash Sale, promo brand ternama, hingga segmen COD yang bisa dimanfaatkan pengguna Shopee untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan persiapan Hari Raya dengan efisien, mudah, dan terjangkau.

(prf/ega)