Pantau Migran Mudik di Pelabuhan Batam, Menhub Siapkan Kapal Subsidi

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 19:34 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi pantau pergerakan mudik migran di Pelabuhan Batam (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Menhub Budi Karya Sumadi memantau pergerakan mudik migran di Pelabuhan Batam. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Batam -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memantau pergerakan mudik para migran dari negara tetangga di Pelabuhan Batam Center hari ini. Budi mengatakan mereka memiliki hak pulang ke Indonesia meskipun pemerintah juga tidak merekomendasikan mudik sebelum 6-17 Mei 2021.

"Kunjungan ke Batam Center dalam rangka memantau saudara-saudara kita migran dari negara tetangga yang memang memiliki hak untuk pulang ke Tanah Air," ujar Menhub Budi dalam jumpa pers di Pelabuhan Batam Center, Kepulauan Riau, Sabtu (1/5/2021).

Budi menyebut jumlah migran yang pulang ke tanah air bakal semakin banyak. Maka dari itu, Kemenhub siap mendukung konektivitas para migran yang ingin pulang.

"Ke depan memang pekerjaannya ini lebih berat karena jumlahnya meningkat," ucapnya.

"Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan sudah sepakat akan menyediakan konektivitas. Bagi mereka yang memiliki kemampuan, dimungkinkan menggunakan pesawat dengan tujuan-tujuan dengan ter-schedule dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Jadi bagi para pendatang yang datang dari Malaysia maupun Singapura, silakan melihat jadwal penerbangan untuk melakukan itu," sambung Budi.

Sementara itu, kata Budi, Kemenhub juga akan menyediakan kapal bersubsidi untuk para migran yang ingin pulang. Namun, untuk kapasitasnya, Budi memastikan akan mengumumkannya Minggu (2/5) besok. Kapal tersebut direncanakan membawa para migran dari Batam menuju Pulau Jawa.

"Untuk mereka yang secara umum ingin menggunakan kapal laut dan belum berkemampuan untuk melakukan pergerakan, kami secara khusus akan menugaskan kapal yang bersubsidi akan ada di Batam ini. Besok kita akan umumkan kapal apa dan berapa kapasitasnya," jelasnya.

Setelah itu, Budi, yang ditemani oleh Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo, Irjen Kemenhub Gede Pasek, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, serta juru bicara Kemenhub Adita Irawati bergerak menuju Bandara Hang Nadim Batam. Di sana, Budi mengecek pelayanan GeNose.

(isa/isa)