Viral Video Gerbang Tol Pejagan Ditutup bagi Pemudik, Ini Faktanya

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 07:06 WIB
Jakarta -

Video yang menunjukkan Gerbang Tol (GT) Pejagan, Jawa Tengah ditutup, viral di media sosial. Disebutkan dalam video kendaraan dari arah Jakarta ke Semarang tidak bisa melintasi GT Pejagan.

Manajemen Tol Kanci Pejagan mengklarifikasi video yang beredar itu adalah peristiwa pada tahun lalu. GT Pejagan saat itu ditutup karena ada penyekatan mudik lebaran tahun 2020.

"Bahwa berita yang beredar di masyarakat perihal adanya penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sudah dimulai itu adalah video penyekatan lebaran Idul Fitri tahun 2020," manajemen Tol Kanci Pejagan dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (1/5/2021).

Manajemen tol mengatakan kondisi lalu lintas di Tol Pejagan saat ini lancar. Saat ini belum ada penyekatan mudik.

"Kondisi update saat ini sampai dengan klarifikasi ini di rilis, di Gerbang Tol Pejagan kondisi arus lalu lintas masih normal tanpa penyekatan," katanya.

Penyekatan di GT Pejagan baru akan dilakukan pada masa pelarangan mudik, yaitu tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

"Untuk rencana kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sendiri sesuai dengan hasil pertemuan dengan Dirlantas dan lintas sektoral Jawa Tengah, baru akan dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021," jelasnya.

Dalam video yang viral tampak Gebang Tol Pejagan ditutup dengan barier. Tampak juga beberapa petugas berjaga di sekitar gebang tol.

Sejumlah mobil tampak tidak bisa melintasi gerbang tol. Beberapa mobil yang hendak menuju gerbang tol tertahan di depan pintu tol.

Ada pula yang memutar balik kendaraannya. Dalam video tersebut ada suara yang mengatakan bahwa tol ditutup.

"Tol ditutup, arah Jakarta sudah ditutup kita putar balik, semua sudah ditutup, mohon diinformasikan ke kawan-kawan. Arah Jakarta ke Jawa ditutup, Jakarta ke Semarang ditutup," demikian kata seseorang dalam video tersebut.

Simak juga video 'Cegah Mudik, Polri Siapkan 333 Titik Penyekatan di Lampung-Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/mei)