Top 5 News

KPK Cegah Azis Syamsuddin hingga Ujung Drama Babi Ngepet di Depok

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 20:29 WIB
Top 5 News April 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Corona buatan China National Pharmaceutical Group atau vaksin Sinopharm. Vaksin ini rencananya akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong yang didistribusi oleh Kimia Farma.

Berita lainnya, persoalan babi ngepet ramai dibahas masyarakat Depok dan netizen hingga berujung penangkapan tokoh setempat Adam Ibrahim dan pengusiran Bu Wati. Wanita yang viral lantaran menuduh tetangganya sebagai babi ngepet itu pun akhirnya pindah.

Selain dua informasi di atas, ada beberapa berita hangat lainnya. Berikut ini Top 5 News edisi Jumat (30/4/2021)

1. BPOM Izinkan Vaksin Sinopharm

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Corona buatan China National Pharmaceutical Group atau vaksin Sinopharm. Vaksin ini rencananya akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong yang didistribusi oleh Kimia Farma.

Adapun efikasi vaksin Sinopharm sebesar 78 persen yang ditemukan dalam uji klinis fase 3 di Uni Emirat Arab dengan 42 ribu subjek peneliti.Penny mengatakan vaksin Corona Sinopharm akan tiba siang ini dan siap digunakan karena telah mengantongi izin EUA.

Artikel Selengkapnya: Vaksin Sinopharm Efikasi 78 Persen

2. Buntut Drama Babi Ngepet di Depok

Persoalan babi ngepet ramai dibahas masyarakat Depok hingga berujung penangkapan tokoh setempat Adam Ibrahim dan pengusiran Bu Wati. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengaku heran terhadap fenomena ini.

Ace mengatakan seharusnya bulan Ramadhan diisi dengan kegiatan yang meningkatkan ketakwaan. Namun sebaliknya, kata dia, masyarakat justru menebar hal-hal yang berbau mistis.

Artikel Selengkapnya: Buntut Viral Babi Ngepet

3. Azis Syamsudin Dicegah ke Luar Negeri

KPK mencegah Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ke luar negeri. Hal itu dilakukan guna melancarkan tim penyidik KPK dalam melakukan penyidikan. Diketahui, Azis dicegah untuk enam bulan ke depan. Pencegahan terhitung sejak 27 April 2021.

"KPK sesuai dengan tugas pokok dan kewenangannya dapat melakukan cekal. Semua kita lakukan untuk kepentingan memudahkan jika KPK memerlukan permintaan keterangan terhadap setiap orang yang diperlukan untuk pengumpulan keterangan saksi tentang apa yang diketahui, dialami, atau didengar sesuai kesaksiannya," kata Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan, Jumat (30/4/2021).

Artikel Selengkapnya: Azis Dicegah ke LN Selama 6 Bulan

4. Upacara Keagamaan Yahudi Berujung Maut

Puluhan ribu umat Yahudi mengikuti perayaan Lag BaOmer di Gunung Meron, Galilea, Israel, pada Kamis (29/4). Upacara keagamaan itu berubah menjadi bencana saat salah satu tribun ambruk dan menimbulkan kepanikan.

Puluhan orang dilaporkan tewas dan 103 orang mengalami luka-luka. Sebelum insiden ini terjadi, sejumlah orang sesak napas karena berdesakan.

Artikel Selengkapnya: Upacara Keagamaan Berujung Maut

5. Begal Dibekuk saat Pesta Seks di Hotel

Tim Jatanras Polrestabes Makassar membekuk dua begal di Kota Makassar, Sulsel, Andri (21) dan Doyok (21). Andri ditangkap di sebuah kamar hotel dan diduga tengah melakukan pesta seks bersama rekan-rekannya.

Penangkapan begal tersebut dilakukan setelah polisi menerima laporan dari salah seorang warga yang mengaku telah menjadi korban begal di kawasan Jalan Pendidikan, Rappocini, Makassar. Para pelaku yang berboncengan motor langsung menodongkan senjata tajam jenis badik dan merampas dua HP korban.

Artikel Selengkapnya: Begal di Makassar di Bekuk

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)