Round-Up

Strategi Jokowi Atasi Corona Ternyata Terinspirasi India

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 07:31 WIB
Jakarta -

PPKM Mikro masih menjadi strategi andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menangani pandemi Corona di Indonesia. Ternyata, strategi itu terinspirasi dari India.

Fakta ini diungkap Jokowi saat Pengarahan Presiden RI Kepada Kepala Daerah Se- Indonesia Tahun 2021, yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Kamis (29/4/2021). Awalnya, Jokowi meminta para kepala daerah belajar dari lonjakan kasus COVID-19 di India.

Jokowi bercerita India sebelumnya telah berhasil menekan kasus COVID-19 di wilayahnya. Indonesia bahkan saat itu bertanya kunci penanganan COVID-19 ke Menteri Kesehatan (Menkes) India.

"India di bulan November menuju ke Oktober, November, Desember menuju Januari berhasil melandaikan kurvanya dan bahkan saya ingat Januari kita telepon ke Menkes India kuncinya apa? Kuncinya adalah mikro lockdown. Sehingga kita adopsi di sini PPKM skala mikro," kata Jokowi.

Tapi, hal yang tidak disangka terjadi di India. Kasus Corona di India meledak, dari 10 ribu kasus per hari menjadi 350 ribu kasus setiap harinya. Karena itu, Jokowi meminta para kepala daerah hati-hati akan lonjakan kasus seperti India dan negara lainnya.

"Saat itu India berhasil menurunkan sampai ke 10 ribu kasus per hari. Tetapi kita tahu hari-hari ini terjadi lonjakan eksponensial di India, menjadi 350 ribu kasus aktif per hari. Ini yang menjadi kehati-hatian kita semuanya, hati-hati di perkembangan di India, tidak hanya di India ada di Turki dan Brazil dan beberapa di Uni Eropa hati-hati," tutur dia.

Dalam kesempatan berbeda, Jokowi pernah bilang bagaimana dia menilai keseimbangan kesehatan dan ekonomi dalam penanganan Corona sudah baik. Selengkapnya simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3