Jelang Larangan Mudik, Kapolda Metro Cek Pos Penyekatan di Bekasi

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 18:44 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengecek pos penyekatan jalur mudik di GT Cikarang Barat, Rabu (29/4/2021).
Foto: Kapolda Metro Irjen Fadil Imran megecek pos penyekatan di GT Cikarang Barat. (Dok.Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meninjau salah satu pos penyekatan jalur mudik di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat. Fadil menyebut kunjungan tersebut untuk memetakan titik-titik jalur tikus yang kerap digunakan warga mudik colongan.

"Saya melakukan pengecekan jauh-jauh hari supaya pelaksanaannya jauh lebih optimal. Lubang tikus, jalur tikus kemudian jalur-jalur arteri, tol. Semua kita identifikasi di mana yang bisa dijadikan sebagai rute untuk mudik secara gelap, sembunyi-sembunyi," kata Fadil kepada wartawan, Kamis (29/4/2021).

Fadil memantau pos penyekatan itu bersama Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dan jajaran. Polisi membuat 31 titik pos pengamanan (pospam) yang terdiri dari 14 penyekatan dan 17 check point.

Menurut Fadil, jajarannya telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk mencegah warga mudik selama masa kebijakan larangan mudik berlangsung pada 6-17 Mei 2021. Ratusan personel akan diturunkan berjaga di pos-pos penyekatan.

"Jumlah personel yang dilibatkan untuk lalu lintas saja sekitar 1.300 orang. Nanti ada tambahan dari Dinas Perhubungan, TNI, kemudian kesehatan, dari Sabhara Polri, Brimob. Jadi setiap hari mungkin di titik ini secara bergiliran bisa dijaga oleh 100 orang anggota. Ini lebih dari cukup," ungkapnya.

Mantan Kapolda Jatim ini pun angkat suara perihal penindakan 115 travel gelap yang dilakukan Ditlantas Polda Metro Jaya. Dia menyebut hal tersebut harus dilakukan sebagai langkah antisipasi mencegah warga mudik.

"Hari ini Dirlantas sudah menindak 115 travel gelap dengan berbagai macam pelanggaran lalin. Ini adalah langkah antisipasi bagi mereka yang berniat untuk tetap mengangkut pemudik di masa larangan mudik," pungkas Fadil.

Simak juga video 'Ini Alasan Polisi Tindak Travel Gelap Sebelum Larangan Mudik':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)