Mafia Karantina Pensiunan Dispar DKI, PDIP Minta Inspektorat Turun Tangan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 05:38 WIB
Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono.
Gembong Warsono (Foto: Dok. istimewa)
Jakarta -

Seorang pria inisial S yang merupakan pensiunan di Dinas Pariwisata DKI Jakarta menggunakan kartu pas untuk meloloskan WNI yang pulang dari India tanpa karantina. PDIP DKI Jakarta meminta Inspektorat Provinsi DKI Jakarta turun tangan.

"Karena ini sudah masuk ranah publik maka Inspektorat tidak harus menunggu, tetapi Inspektorat harus jemput bola kaitan dengan pelanggaran ini. Karena tidak bisa toleransi lagi soal ini," kata Katua Fraksi PDIP DKI Jakarta, Gembong Warsono kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

Gembong menegaskan bahwa ada aturan mengenai pensiunan Provinsi DKI Jakarta. Dia menekankan, walaupun oknum tersebut telah pensiun, Inspektorat harus tetap mengambil tindakan.

"Sudah ada prosedur, ketika orang itu sudah pensiun harus ada prosedur yang berlaku. Lah bagaimana melakukan pengawasan, kalau di Jakarta kan ada paguyuban pegawai Pemprov DKI Jakarta. Setelah pensiun mereka kan dalam bentuk pengawasan mereka, tetapi karena ini menyalahgunakan status, seolah-olah status dia kan pegawai padahal sudah pensiun, itu Inspektorat masih bisa melakukan tindakan yang tegas berkaitan dengan pelanggaran itu, harus tegas," jelas dia.

Gembong juga meminta aparat penegak hukum jangan ragu melakukan tindakan tegas. Dugaan pelanggaran yang dilakukan S, kata Gembong, dapat membahayakan keselamatan masyarakat.

"Aparat penegakan hukum jangan ragu untuk melakukan penindakan yang tegas atas tindakan pelanggaran ini. Semua harus taat pada prosedur hukum yang ada bahwa satu nyawa berharga di republik ini, jadi jangan bermain-main dengan persoalan kesehatan, persoalan nyawa. Siapapun yang menyalahgunakan wewenang berkaitan dengan keselamatan jiwa maka harus diproses secara hukum yang seadil-adilnya dan tegas, konsisten," tegasnya.

Lihat Video: Polisi Ungkap Mafia Karantina Bandara Soetta Pensiunan Dispar DKI

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2