ISMI Bukber Bareng Dubes Negara Timteng, Bahas Penguatan UKM di Masa Pandemi

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 20:23 WIB
Ketua Umum ISMI Ilham Akbar Habibie,
Ketua Umum ISMI Ilham Akbar Habibie (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) menggelar buka puasa bersama dengan perwakilan-perwakilan kedutaan negara-negara muslim yang ada di Indonesia. Bukber tersebut dilakukan sekaligus untuk memperkenalkan ISMI dan mencari kegiatan kerja sama demi membangun ekonomi Islam yang komprehensif.

"Kami dari ISMI, Ikatan Saudagar Muslim Indonesia malam hari ini kami menyelenggarakan acara buka puasa bersama Dubes dari negara negara Timur Tengah khususnya untuk membahas beberapa hal terkait dengan bagaimana kita bisa mendukung UKM kita di masing-masing negara agar mereka bisa berjaring satu sama lainnya, bisa belajar dari kekuatan ada kelemahan dari koleganya di masing masing negara dan untuk memajukan ekonomi di negara kita dan negara mereka," kata Ketua Umum ISMI Ilham Akbar Habibie, dalam konferensi pers yang di gelar secara virtual, Rabu (28/4/2021).

Acara buka bersama ini turut dihadiri perwakilan-perwakilan kedutaan negara-negara muslim yang ada di Indonesia dan para pendiri ISMI. Ilham mengatakan salah satu tujuan dari acara bukber tersebut untuk memperkenalkan ISMI sekaligus mendukung pengembangan UKM di tiap negara.

Diketahui ISMI adalah Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) didirikan pada tahun 2012 oleh 4 organsasi pengusaha muslim yang didirikan oleh 4 ormas yaitu NU, MUI, Muhammadiyah dan ICMI. Ilham mengatakan fokus utama ISMI adalah bagaimana mendukung perkembangan UKM, mengajarkan, memberikan contoh dan juga mendorong UKM memberikan inovasi, terutama pada pandemi COVID-19.

"Saat ini di pandemi ini juga banyak UKM juga tidak bisa berwiraswasta seperti biasa karena keadaan dan peraturan mereka harus tutup tokonya tidak boleh melayani dengan jasa mereka seperti biasa. Nah solusinya bagaimana nah yang sudah mengerti bagaimana berinovasi mereka melangsungkan bisnisnya secara online, jadi transaksinya, marketingnya, finansialnya bahkan untuk mencari berkolaborasi dan inovasi semuanya sebagian itu besar dilakukan secara online," ujarnya.

Perjalanan Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) pada tahun 2021 ini telah memasuki jelang usia ke-9 tahun dan telah memberikan kontribusi bagi usaha pengembangan ekonomi dan bisnis para pengusaha muslim di Indonesia dengan menegakkan dunia usaha diatas pilar ekonomi syariah, yaitu keadilan keseimbangan dan kemaslahatan, serta menjadikan usaha berdiri di atas fondasi ekonomi syariah, yaitu; ukhuwah, syariah, akhlak dan akidah.

Acara buka puasa kali ini mengusung tema "Strengthening Synergy Empowers Divine Prosperity". Lebih lanjut pada acara bukber itu ISMI juga mengundang duta negara sahabat untuk menghadiri Silabis-12 ISMI.

Diketahui Silabis-12 adalah Silaturahmi Bisnis ISMI ke-12, salah satu kegiatan rutin ISMI untuk bersilaturrahmi antar anggota, pengurus dan pengusaha Muslim di Indonesia dengan harapan terjalin kerja sama yang berkelanjutan. Silabis-12 ini akan mengusung tema "Agritech, Trade and Tourism Preneur".

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan bisnis yang terintegrasi antara sektor industri pengolahan produk agri dengan teknologi tepat guna dan terkolaborasi dengan sektor pariwisata dalam mendorong pemulihan ekonomi kreatif ditengah pandemi COVID-19. Acara Silabis-12 ini akan dilaksanakan di Aceh pada tanggal 16-20 Juni 2021.

Adapun tujuan dilaksanakannya Silabis-12 ini untuk mendorong daya saing para pelaku usaha agribisnis, perdagangan dan pariwisata sebagai peningkatan ekonomi umat Islam dengan promosi industri wisata dan produk halal pada pasar global.

Harapannya Silabis-12 ini akan terbentuknya sinergi dan kolaborasi antar pelaku usaha ISMI dan jaringan pengusaha Muslim di Indonesia agar tercapainya percepatan informasi terkait teknologi terapan dan pasar global tersebut, salah satunya juga dengan pengembangan industry kreatif dari seluruh orwil ISMI .

(yld/bar)