Puan Anggap Pelantikan Nadiem-Bahlil Akhiri Isu Reshuffle Besar

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 18:42 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani.
Puan Maharani (Zacky/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Ketua DPR Puan Maharani mengatakan pelantikan itu mengakhiri spekulasi terkait reshuffle.

"Pelantikan menteri hari ini mengakhiri spekulasi politik, reshuffle besar-besaran tidak terbukti. Saatnya para menteri fokus bekerja," kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (28/4/2021).

Puan meminta tidak ada lagi isu reshuffle besar-besaran yang selama ini mencuat. Dia meminta para menteri fokus bekerja menangani masalah pandemi.

"Ada masalah di depan mata seperti naiknya kembali angka penularan COVID, waspada agar kasus COVID seperti di India tidak terjadi di Indonesia," ujarnya.

Puan meminta pemerintah meningkatkan koordinasi agar masyarakat nyaman saat perayaan Idul Fitri. Dia meminta pemerintah tegas pada aturan yang ditetapkan untuk mencegah penyebaran dan peningkatan kasus COVID-19.

"Aturan larangan mudik sudah ditetapkan dan harus dijalankan, pastikan juga semua pegawai mendapat hak THR-nya, dan pikirkan juga agar ekonomi di desa-desa bisa bergerak meski ada larangan mudik," ujar Puan.

Sebelumnya, Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia resmi mengemban jabatan baru di Kabinet Indonesia Maju. Mereka berdua dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Mendikbud-Ristek dan Menteri Investasi.

Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021). Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkan lagu Indonesia Raya serta pembacaan keputusan presiden.

(eva/haf)