Oknum Polisi Komen Negatif soal KRI Nanggala-402 Jadi Tersangka!

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 11:46 WIB
Poster
Ilustrasi medsos (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Oknum anggota Polsek Kalasan bernama Aipda Fajar Indriawan yang berkomentar negatif soal awak KRI Nanggala-402 di media sosial ditetapkan sebagai tersangka. Aipda Fajar sudah dibawa ke Jakarta dari Yogyakarta.

"(Oknum anggota Polsek Kalasan) sudah di Jakarta, tersangka," ujar Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim, Kombes Reinhard Hutagaol, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (28/4/2021).

Reinhard mengatakan Aipda Fajar ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil gelar perkara. Menurutnya, tim dari Dittipidsiber Bareskrim dikirim ke Yogyakarta kemarin untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

"Nanti digelar (perkara) dulu di Jogja. Anggota sudah di Jogja," ucap Reinhard saat dihubungi terpisah, Selasa (27/4).

Sebelumnya, Polda DIY dan Bareskrim Polri menangkap seorang oknum polisi di Sleman, DIY. Oknum polisi itu ditangkap lantaran berkomentar negatif soal awak KRI Nanggala-402 di media sosial.

Oknum itu bernama Aipda Fajar Indriawan. Dia bertugas di Polsek Kalasan. Terancam UU ITE?

"Bisa masuk (UU ITE)," kata Wakapolda DIY Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, Senin (26/4).

Aipda Fajar juga telah dinonaktifkan. Gegara postingan negatifnya, sejumlah prajurit TNI menggeruduk Polsek Kalasan, Minggu (25/4) malam. Mereka mengkonfirmasi apakah benar Aipda Fajar berdinas di polsek tersebut. Juga meminta klarifikasi atas postingan Aipda Fajar.

Polda DIY pun meminta maaf atas tindakan Aipda Fajar. Fajar diduga mengalami depresi hingga membuat postingan itu.

Penangkapan Aipda Fajar itu bermula dari laporan adanya 2 akun tentang komentar negatif terhadap awak KRI Nanggala-402 yang gugur. Salah satunya, akun Facebook dengan nama Fajarnnzz.

Dalam posting-an di Facebook itu, akun Fajarnnzz menggunakan diksi kasar untuk mengomentari kejadian tenggelamnya KRI Nanggala-402. Akun Fajarnnzz juga curhat mengenai kondisi perekonomiannya.

Simak Video: Oknum Polisi Komentari Negatif soal KRI Nanggala Diduga Depresi

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)