Bangkai Babi Ngepet di Depok Mau Dipindah Warga Jika Berubah Jadi Manusia

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 18:02 WIB
Babi ngepet yang ditangkap warga Bedahan, Sawangan, Depok
Babi ngepet di Depok (Foto: dok. istimewa)

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan babi ngepet beraksi di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar). Warga pun menangkap babi ini dan memasukkannya ke kandang.

Dari video dan narasi yang beredar, babi ngepet ini diamankan di kawasan Bedahan, Sawangan, Depok. Babi ini ditangkap dini hari tadi di RT 02 RW 04, pukul 00.20 WIB.

"Ya untuk sampai saat ini, sampai kronologi semalam ini, ya itu memang babi ngepet," kata Ketua RW 4 Bedahan Abdul Rosad saat dihubungi, Selasa (27/4).

Warga banyak yang berdatangan untuk melihat babi ini. Babi ini terpantau dibunuh tadi siang. Banyak warga yang mengabadikan gambar babi ini dengan handphone-nya.

Peneliti bidang zoologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Taufiq Purna Nugraha, mengatakan secara ilmiah tidak ada babi ngepet. Meski begitu, dia menghormati kepercayaan masyarakat sekitar.

"Memang di beberapa daerah itu kan memang banyak yang berbatasan dengan hutan, tapi ketika saya lihat di Depok itu saya cek tempatnya di Bedahan, Sawangan, kalau di belakangnya sih di dekat Parung, karena Parung Panjang masih banyak daerahnya banyak tutupan. Saya kurang tahu daerahnya seperti apa, apakah itu daerah benar perbatasan atau seperti apa," ujar Taufiq saat dihubungi.

"Kalau dari sudut pandang ilmiah sih, itu babi ngepet atau bukan, saya nggak bisa jawab. Kalau di dalam ilmiah, tidak ada itu istilahnya babi ngepet," kata Taufiq.

Halaman

(sab/haf)