Kabinda Papua Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 10:20 WIB
Petugas melakukan perawatan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Jumat (9/11/2018). Menjelang peringatan hari Pahlawan pada 10 November, Taman Makam Pahlawan Kalibata terus bersolek.
Ilustrasi/Taman Makam Pahlawan Kalibata (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kepala BIN daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha tewas ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kabinda Papua itu akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

"Direncanakan akan dibawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jenderal," kata Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Merespons peristiwa kontak tembak yang menewaskan Kabinda Papua itu, Wawan mengatakan Satgas akan melakukan pengejaran kepada pelaku dan KKB.

"Selain itu, Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua tersebut," jelasnya.

Wawan menyebut bahwa Brigjen Putu adalah sosok yang berprestasi. Kabinda Papua itu juga memiliki karier yang cemerlang dan pekerja keras.

"Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi. Beliau dikenal memiliki karier cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras. Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen," kata dia.

Simak juga video 'Situasi di Beoga Papua Mulai Kondusif Usai Rentetan Serangan KKB':

[Gambas:Video 20detik]