Filosofi Mendalam 'Hiu Kencana' Kebanggaan Awak Kapal Selam

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 16:20 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Jakarta -

Lima puluh tiga awak kapal selam KRI Nanggala-402 adalah patriot terbaik penjaga kedaulatan negara. Brevet Hiu Kencana akan selamanya tersemat di dada mereka.

Brevet Hiu Kencana merupakan lambang kehormatan bagi Satuan Kapal Selam di TNI AL. Dikutip dari 'Tradisi TNI Angkatan Laut' yang diakses dari situs TNI, penyematan Brevet Hiu Kencana ini bermula dari adanya kegiatan rutin pengangkatan warga kehormatan kapal selam pada tahun 1959.

Tradisi pengangkatan warga kehormatan kapal selam ini eksis ketika usia TNI angkatan Laut (TNI AL) baru 2 bulan. Untuk pertama kalinya, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI AH Nasution dikukuhkan sebagai warga kehormatan kapal selam. Proses pengukuhan itu ditandai dengan penyematan Brevet Hiu Kencana.

Sebelum menerima Brevet Hiu Kencana, para awak diwajibkan melakukan penyelaman dan harus handal dalam pengoperasian kapal selam. Salah satunya yakni harus dapat mendeteksi lawan maupun kawan menggunakan periskop.

Lambang brevet hiu kencana yakni kapal selam yang berada di antara 2 ekor hiu yang saling berhadapan. Ternyata arti dari lambang tersebut cukup mendalam, yakni ketekadan mempertahankan kapal selam di lautan.

Selain itu, lambang Brevet Hiu Kencana sebagai simbol bentuk kemampuan dan supremasi di laut. Periskop pada lambang Brevet Hiu Kencana sebagai bentuk kewaspadaan awak kapal dalam mengarungi setiap jengkal perairan.

Sementara itu, gambar tujuh gelombang mewakili jumlah samudera di dunia. Lalu, lima buah garis pada leher hiu melambangkan Pancasila.

Secara keseluruhan, makna lambang Brevet Hiu Kencana yakni 'dengan landasan falsafah hidup Pancasila sebagai Prajurit Sapta Marga tugas akan dilaksanakan dengan penuh keberanian dan ketabahan serta sanggup mengemban tugas sampai titik darah penghabisan'.

Brevet Hiu Kencana bukan hanya pin yang melekat di dada kanan para awak kapal selam, tapi juga melambangkan perjuangan, dedikasi, dan semangat pantang menyerah.

Simak video 'Filosofi Mendalam di Balik Nama KRI Nanggala 402':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/imk)