Mendagri Apresiasi Program Kampung Sehat NTB

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 10:42 WIB
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan apresiasi tinggi terhadap penanganan virus COVID-19 melalui inovasi Kampung Sehat di NTB. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kampung Sehat Kelurahan Dasan Cermen, Kecamatan Sandubaya Nusa Tenggara Barat, Sabtu (24/4) kemarin.

"Kami di Pemerintah Pusat telah mendengar berbagai berita keberhasilan dari Kampung Sehat di Provinsi NTB ini. Saya terus terang menyampaikan penghargaan yang tinggi, semoga sukses, kalau sukses bisa menjadi model (penanganan COVID-19)," kata Tito dalam keterangan tertulis, Minggu (25/4/2021).

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Dalam arahannya, Tito menegaskan inovasi Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB patut mendapat apresiasi tinggi dengan meluncurkan Program Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru (NTB).

"Saya dibisiki tadi baik oleh Pak Gubernur maupun Pak Kapolda, bahwa Kampung Sehat itu bukan hanya tangguh dari COVID-19, tapi juga steril, kemudian juga ekonominya produktif, suasana yang harmonis, kampungnya asri, dan juga tangguh dari terjangan COVID-19," ungkap Tito.

Menurut Tito Program Kampung Sehat merupakan implementasi dari Kampung Tangguh Nusantara dan sangat sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo dalam penanganan COVID-19 secara mikro.

"Langkah itu selama ini menggunakan metode makro, jadi ada di fungsi wilayah, provinsi, daerah, negara. Jadi pembatasan wilayah dalam skala besar. Nah, di sini kita melihat ada penanganan secara mikro, mulai dari provinsi, kecamatan, kelurahan, dan sampai RT/RW," ujar Tito.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

"Artinya, saya melihat budaya kebersamaan, kegotongroyongan sampai skala kecil, dimana ada masalah di situ diselesaikan," tambahnya.

Karena itu, mantan Kapolri ini mengapresiasi sinergitas seluruh stakeholder yang ada di NTB dalam penanganan pandemi COVID-19. Melalui kebersamaan dan gotong royong dalam melakukan pencegahan, testing, dan tracing serta pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak.

"Apresiasi yang tinggi kepada Pak Gubernur, Pak Kapolda, dan segenapForkopimda juga masyarakat, yang bersinergi dengan budaya kegotongroyongan dalam penangananCOVID-19,"urainya.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Sementara itu, Lurah Dasan Cermen Heni Suyasih memaparkan situasi dan kondisi Kelurahan Dasan Cermen yang telah sesuai dengan kriteria Kampung Sehat berbasis lomba yang diinisiasi Kapolda NTB.

"Jadi dalam mendukung Program Kampung Sehat 2 NTB, sudah sesuai dengan instruksi Mendagri Nomor 03 Tahun 2021, Kelurahan Dasan Cermen sudah memiliki Posko PPKM yang dibagi menjadi empat bidang, yakni Posko Satgas Pencegahan, Satgas Penanganan, Satgas Penindakan, dan Satgas Pendukung," ungkapnya.

"Alhamdulillah, kami mendapat kehormatan dikunjungi Bapak Mendagri, ini kami tidak sangka-sangka," lanjutnya

Ia juga menginformasikan terkait capaian dan langkah-langkah yang telah dilakukan satgas kelurahan, termasuk menginformasikan perkembangan pembangunan yang telah dicapai, seperti keberadaan bank sampah, pertumbuhanUMKM, dan lain-lain.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Sebagai informasi, Tito mengunjungi Kampung Sehat Dasan Cermen itu didampingi Gubernur NTB, Kapolda, Kepala BNNP, Irwasda beserta Pejabat Utama (PJU) Polda NTB, Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, Kapolresta Mataram, dan Dandim 1606/Lombok Barat.

Ia melakukan blusukan di jalan dan gang lingkungan untuk melihat secara langsung lokasi produksi kerajinan berbahan dasar sampah plastik, budidaya ikan gurame, budidaya itik, bank sampah, dan eduwisata peternakan sapi

Tito juga berkenan turun ke tengah sawah, guna membuka panen padi Kampung Sehat 2 NTB Dasan Cermen.

(ega/ega)