Sandiaga & Andre Rosiade Diminta Perjuangkan DAK Istano Basa Pagaruyung

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 14:15 WIB
Andre Rosiade & Sandiaga Uno
Foto: Tim Andre Rosiade
Jakarta -

Bupati Tanahdatar, Eka Putra meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno dan Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade memperjuangkan dana alokasi khusus (DAK) untuk membangun dan mengembangkan pariwisata. Sebab keduanya dianggap menjadi sosok yang berpengaruh serta bisa membantu meningkatkan kualitas pariwisata Tanahdatar.

"Kami ucapkan selamat datang Pak Menteri Sandiaga uno dan 'duta besar' kami di Jakarta Andre Rosiade dan Wakil Gubernur milenial Sumbar Audy Joinaldy. Semoga, kedatangan pak Menteri dan pak Andre bisa membantu kami mendapatkan DAK untuk pembangunan pariwisata," kata Eka dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/4/2021).

Eka yang melakukan presentasi di Istana Basa Pagaruyung, Tanahdatar Kamis (22/4) menjelaskan sebelumnya Tanahdatar sudah menerima bantuan pengembangan Istana Basa Pagaruyung berupa pembangunan lokasi parkir dan kios-kios cendera mata untuk UMKM yang saat ini sudah mencapai 70 persen. Ke depan juga akan dibangun rumah-rumah adat yang mewakii setiap Kabupaten/Kota di Sumbar dan akan difungsikan sebagai homestay.

Eka menyebut total kebutuhan pembangunan wisata di Tanahdatar berbagai objek mencapai Rp 70 miliar. Sementara, di tahun 2021 ini pemerintah pusat baru mengalokasikan dana sebesar Rp 7 miliar yang diperuntukkan bagi Istana Basa saja.

"Masih banyak objek wisata kita yang harus ditingkatkan seperti Puncak Pato dan lainnya. Sebagai Kabupaten Kreatif di bidang seni pertunjukan 2019, kami akan terus mengadakan festival. Mohon dukungan pak Menteri," katanya.

Di sisi lain, Menparekraf RI Sandiaga Uno menyatakan siap membantu Tanahdatar untuk mendapatkan DAK lebih banyak di tahun depan.

"Kami siap membantu pak Bupati. Apalagi ada duta besar luar biasa berkuasa penuh Andre Rosiade. Kami akan mengupayakan banyak program dan event, dengan tetap meminta semua pihak bekerja keras. Jangan sampai pariwisata dan ekonomi kreatif dituduh sebagai pemicu COVID-19. Kami sudah punya data, kalau patuhi prokes, maka tidak akan ada penyebaran COVID-19," terangnya.

Diungkapkan Sandiaga, kehadirannya ke Sumbar merupakan wujud konkret dalam upaya membangun pariwisata di Tanahdatar.

"Secara konkret kami akan langsung mengesekusi DAK untuk tahun ini. Sesuai yang disampaikan kami siapkan dan kami hadiahkan juga satu event berskala nasional yang sudah masuk dalam kharisma event Nusantara, yaitu event Festival Pesona Minangkabau yang akan dilaksanakan di bulan Juli," paparnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menilai Istana Pagaruyung sebagai destinasi yang ikonik serta menjadi daya tarik utama kunjungan ke Sumbar.

"Saya berbahagia kembali ke sini kesekian kalinya. Menemukan kearifan lokal, melestarikan konsep pariwisata baru, yaitu nature and culture (berbasis sumber daya alam dan kebudayaan). Ini juga yang kita dorong arah baru pariwisata kita dengan konsep berkualitas dan keberlanjutan," ungkapnya.

Sementara itu, Andre Rosiade menyebutkan dirinya telah membawa Bupati dan Wali Kota di Sumbar bertemu Menparekraf Sandiaga Uno. Ada pula Wakil Bupati Tanahdatar Richi Aprian yang juga langsung hadir dan bertemu dengan Sandiaga.

"Kami mengadakan pertemuan pekan lalu dan hari ini Bang Sandi sudah sampai di lokasi ini. Kita siap membantu pak Bupati Tanahdatar 'manjuluak' DAK yang lebih banyak untuk pariwisata Tanahdatar," kata ketua Gerindra Sumbar ini.

(mul/mpr)