Wagub DKI Minta Pengemudi Mobil Porsche Terobos Busway Gandaria Serahkan Diri

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 15:12 WIB
Tangkapan layar video viral Porsche masuk busway di Gandaria
Tangkapan layar video viral Porsche masuk busway di Gandaria (Dok. Instagram)
Jakarta -

Polisi memburu pengemudi mobil mewah Porsche warna putih yang menerobos busway di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pengemudi menyadari kesalahannya dan menyerahkan diri.

"Pertama, tentu kita ingin yang bersangkutan dengan kesadaran menyampaikan sendiri, tidak perlu dicari-cari, dikejar. Insyaallah kita berdoa mudah-mudahan yang bersangkutan datang melaporkan dan meminta maaf kepada seluruh warga dan kita semua," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (23/4/2021).

Politikus Gerindra itu meminta agar pengemudi segera menyadari kesalahannya dan meminta maaf. Sebab, mobil mewah itu sempat menahan laju bus TransJakarta yang sedang beroperasi.

Apabila tak ada iktikad baik dari pengemudi, pihaknya akan memproses langkah selanjutnya untuk menangani kejadian ini.

"Kalau tidak (serahkan diri) nanti Dinas Perhubungan akan mengambil langkah-langkah supaya ini tidak terjadi lagi," tegasnya.

Sebelumnya, sebuah video beredar viral di media sosial memperlihatkan mobil mewah Porsche warna putih menerobos busway. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan pihaknya akan menyelidiki identitas Porsche tersebut.

"Jalur busway menjadi fokus kami dalam penegakan hukum," ujar Fahri dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (23/4/2021).

Fahri mengatakan pihaknya akan mengecek apakah di lokasi tersebut terdapat kamera electronic-traffic law enforcement (e-TLE). Ia memastikan akan menindak Porsche tersebut baik melalui e-TLE ataupun secara konvensional di lapangan.

Dalam rekaman video amatir, terlihat mobil sport tersebut berhenti di busway. Hal ini mengakibatkan bus TransJakarta tidak bisa melintas di jalurnya.

Pengemudi Porsche tersebut terlihat membuka kaca, lalu menggerakkan tangannya mengarahkan sopir bus TransJakarta untuk mundur. Namun sopir bus TransJakarta bergeming.

Simak video 'Terobos Busway, Porsche Putih Minta Sopir TransJ Mundur':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)