detikcom Do Your Magic

Pembangunan Kolam-Drainase Cegah Banjir Jl Martadinata Masuki Tahap Akhir

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 10:59 WIB
Kondisi Jl RE Martadinata dan Jembatan Lodan di sekitar Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 23 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kondisi Jl RE Martadinata dan Jembatan Lodan di sekitar Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 23 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan kolam olakan dan saluran air (drainase) di Jl RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara kini mulai memasuki bagian akhir. Petugas masih terus bekerja merapikan sisi-sisi saluran air tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi pada Jumat (23/4/2021) pukul 10.00 WIB, terlihat saluran air di Jl RE Martadinata sudah membentang dari Jembatan Lodan Hingga Hotel Pondok Impian atau sepanjang 300 meter. Dari kejauhan saluran air tersebut sudah nampak rapi.

Petugas kini bekerja merapikan sisi saluran air dengan semen agar menutupi pondasi yang terbuat dari bebatuan. Petugas berseragam biru mengerjakan tugasnya di beberapa sisi. Sudah tidak terlihat lagi material batu dan pasir yang menumpuk di lokasi.

Petugas terlihat merapikan saluran air mulai dari ujung atau di seberang Hotel Pondok Impian. Untuk kolam olakan sendiri terlihat sudah rapi. Sisi-sisinya juga sudah disemen dengan rapi.

Kini cuaca di lokasi cenderung cerah dengan sinar matahari yang lumayan terik. Warga yang memancing di kali ancol pun tak terlihat seramai biasanya.

Selanjutnya, kondisi di Jembatan Lodan:

Lihat juga Video: Jl Martadinata Masih Digenangi Air, Namun Cepat Surut

[Gambas:Video 20detik]



Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menyebut secara umum pengerjaan tersebut telah selesai. Pengerjaan tersebut diprediksi selesai sebelum Idul Fitri tiba.

"Semoga sebelum Lebaran kelar," ujar Kasatpel SDA Pademangan Slamet Riyanto saat dihubungi, Kamis (8/4).

Pengerjaan kolam olakan dan saluran air sempat terkendala hujan. Setelah memasuki tahap akhir sudah tidak ada lagi kendala yang mengganggu.

"Hanya saja, personel berkurang, karena mengerjakan di tempat yang lain," kata Slamet. Diharapkan, kolam olakan dan drainase ini menjadi solusi mengatasi banjir rob yang kerap menggenangi Jl RE Martadinata-Jembatan Lodan ini.

Kondisi Jl RE Martadinata dan Jembatan Lodan di sekitar Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 23 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Kondisi Jl RE Martadinata dan Jembatan Lodan di sekitar Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 23 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Di Jembatan Lodan yang sering tergenang banjir rob, kini celah jembatan yang sering menjadi jalan air sudah ditutup. Permukaan yang semula cekung sudah diratakan. Air di Kali Ancol bawah jembatan terlihat sedang tidak naik (pasang/rob).

(dnu/dnu)