Konten TikTok Haga Mars Dinilai Meresahkan, Cemarkan Profesi Dokter

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 10:03 WIB
Haga Mars
Foto: Instagram @haga_mars
Jakarta -

Baru-baru ini muncul lagi konten dari TikTokers Haga Mars yang viral di media sosial. Konten tersebut dinilai melecehkan profesi dokter. Dokter Tanpa Stigma pun merespons konten Haga Mars itu.

"Konten dari Haga Mars meresahkan, karena menormalisasi budaya perkosaan dan ternyata konten-konten ini sudah sering ia buat sejak lama," ujar penggagas Dokter Tanpa Stigma, dr Gabriella Sandranila Suryadana, saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).

Gabriella mengatakan konten seperti yang dibuat Haga Mars saat ini banyak ditemukan di Tiktok. Menurut Gabriella, konten seperti yang dibuat Haga Mars ini bisa masuk kategori pelecehan profesi dokter.

"Dari sisi medis, konten memperagakan dokter bertindak melecehkan, bisa mencemarkan profesi dokter. Tapi sejauh ini tidak ada aksi kolektif yang dilakukan untuk menuntut," katanya.

Gabriella mengatakan Haga Mars bukanlah tenaga medis. "Yang bersangkutan sendiri, dari penelusuran kami, bukanlah tenaga medis. Jadi tidak bersangkut paut dengan etika profesi," ucap dr Gabriella.

Sebelumnya diberitakan, konten video TikTok atas nama akun @hagamars2 viral di media sosial. Akun milik seorang pemuda ini dikecam karena dinilai melecehkan perempuan.

Sejumlah video akun TikTok @hagamars2 tengah ramai diperbincangkan netizen dan mendapat kecaman. Dilihat detikcom, salah satu video yang dikecam adalah saat pemuda ini berpakaian ala dokter kandungan yang baru saja membantu proses persalinan. Dia dikecam karena aktingnya dinilai menjurus ke ekspresi mesum.

Haga Mars sudah menyampaikan permohonan maaf atas konten yang dibuatnya itu. Dia mengaku awalnya belum mengetahui tentang rape jokes. Kini dia sadar bahwa kontennya itu berdampak negatif.

"Izinkan saya menyampaikan bahwa sebelumnya saya belum mengerti apa itu rape jokes, sexism dan belum mendalami lagi sexual harassment. Dari kejadian inilah saya baru menyadari bahwa konten saya termasuk bagian dari rape jokes, sexism and sexual harassment. Konten bisa berdampak negatif di kemudian hari dan saya sangat menyesalinya dan tidak membenarkan, sekarang saya mengerti apa itu rape jokes dan itu tidak pantas untuk dilakukan," kata Haga Mars dalam video yang diunggah di akun Instagram @haga_mars seperti dilihat, Jumat (23/4).

Tonton juga Video: Kontroversi Video TikTok dr Kevin Samuel yang Berujung Sanksi IDI

[Gambas:Video 20detik]



(zap/hri)