Bupati Sijunjung: Kedatangan Sandiaga ke Silokek karena Andre Rosiade

Jeka Kampai, Erika Dyah Fitriani - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 09:52 WIB
Andre Rosiade
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi kawasan Geopark Silokek di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, kemarin. Menurut Bupati Sijunjung Benny Dwipa Yuswir kedatangan Sandiaga tersebut berkat ajakan anggota DPR RI Andre Rosiade pekan lalu.

"Pak Menteri Sandiaga Uno datang ke Sijunjung setelah kita diajak sama pak Andre Rosiade. Bersama kepala daerah lainnya untuk mengembangkan pariwisata. Berdialog dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar mengunjungi Sumbar dan Sijunjung khususnya. Ternyata direspons langsung, kunjungan bersama Pak Andre langsung dibalas dengan Pak Menteri menginjakkan kaki di Geopark Silokek. Kami tentu berterima kasih," kata Benny dalam keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021).

Hal ini ia sampaikan saat mendampingi langsung kunjungan yang dilakukan Sandiaga dan Andre ke Silokek. Benny pun mengungkapkan rasa senangnya dan harapannya akan kunjungan tersebut.

"Alhamdulillah luar biasa. Mudah-mudahkan dengan datangnya Pak Menteri mempercepat pengembangan pariwisata Sijunjung. Karena memang salah satu cara peningkatan ekonomi, apalagi di tengah wabah COVID-19 saat ini, pariwisata lah harapan kita," harapnya.

Sementara itu, Andre Rosiade mengatakan dirinya sengaja mengajak Bupati Sijunjung bersama Bupati dan Wali Kota di Sumbar bertemu Menteri Parekraf Sandiaga Uno dengan tujuan membantu percepatan pembangunan pariwisata. Terlebih, menurutnya Sumbar sangat berpotensi di bidang pariwisata dengan keunggulan alam dan budaya serta ekonomi kreatifnya.

"Alhamdulillah Pak Menteri Sandiaga Uno datang ke Sumbar. Berkeliling ke banyak lokasi dan saya lihat sangat kagum dengan Geopark Silokek ini. Banyak program yang bisa dijalankan di sini, tentunya dengan melengkapi infrastruktur dan sarana prasarana pendukung. Ini adalah kampung halaman kami dan akan terus kami bantu pengembangannya," ujar putra asli Koto VII Sijunjung ini.

Ketua Gerindra Sumbar ini pun mengungkapkan selain mendorong kawasan wisata pihaknya sudah cukup banyak membantu Sijunjung baik dengan anggaran pribadi atau kebijakannya.

"Kami ingin membangun kampung halaman sendiri. Bahkan tahun ini kami sudah mengajukan dan insyaallah segera dibangun Pasar Pematang Panjang di Kabupaten Sijunjung dengan nilai Rp 6,7 miliar," jelas Andre.

Dalam kunjungan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan sangat merekomendasikan Sijunjung sebagai destinasi wisata. Sebab menurutnya, lokasi ini tak hanya memiliki daya tarik alam tapi juga punya ekonomi kreatif yang banyak.

"Kita polanya gerak cepat (gercep). Pak bupati datang dengan pak Andre Rosiade yang jadi 'dubes' Sumbar di Jakarta, kami sampai di sini. Saya melihat banyak agenda tourism di sini. Sijunjung punya potensi yang kuat dalam pariwisata," ungkap Sandi.

Sandi juga menyampaikan pujiannya sebab ia menilai kawasan Geopark Silokek dapat dijadikan lokasi berbagai event lari, arung jeram, dan pariwisata.

"Tentu akan sangat menarik sekali. Saya titip pesan kepada Pak Andre yang akan bertemu dengan Pak Menteri PUPR, agar memperhatikan jalan di Silokek ini. Karena akses jalan yang baik sangat diperlukan untuk pariwisata," ungkapnya.

Selain akses jalan, Sandi menilai perlunya perbaikan jaringan seluler karena banyaknya blankspot (titik tanpa sinyal) di lokasi ini.

"Pak Andre sebagai anggota Komisi BI yang bermitra dengan BUMN bisa bicara dengan Telkom, saya akan bicara dengan pak Menkominfo. Agar kita bisa satukan pembangunan untuk jaringan yang lebih kuat di kawasan Geopark Silokek," imbuhnya.

Terakhir, Sandi pun mengaku ingin membantu Sijunjung dalam pengembangan pariwisata.

"Kesimpulan saya malam ini, Sijunjung memiliki masa depan yang sangat potensial. Seperti sumber daya alam (SDA) dan juga berbasis ekonomi kreatif yang baik. Sukses untuk Sijunjung," tutup Sandi.

Lihat juga Video: Kemenparekraf Promosikan Paket Hampers Pengganti Larangan Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)