Gagal Nyalip, Penyebab Mobil Tabrak Planter Box Jalur Sepeda Sudirman

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 22:00 WIB
Beton jalur sepeda permanen di Sudirman ditabrak mobil, Kamis (22/4).
Lokasi mobil menabrak beton pembatas di jalur sepeda di Sudirman. (Rakha Arlyanto/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah meminta keterangan AF, pengemudi mobil Toyota Avanza yang menabrak beton pembatas (planter box) jalur sepeda di Sudirman, Jakarta Selatan. Dari hasil pemeriksaan, AF mengaku gagal menyalip kendaraan di depannya sehingga menabrak planter box.

"Dia mau menyalip dari kiri, namun akhirnya menabrak planter box tersebut," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (22/4/2021).

Fahri menjelaskan kecelakaan terjadi pada pukul 11.50 WIB siang tadi. Semula, mobil berpelat nomor B-2620-SZQ melaju dari arah selatan ke utara di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

"Sesampainya di TKP, tepatnya di dekat fX Sudirman, diduga karena kurang hati-hati sehingga menabrak pembatas jalur sepeda yang berada di depannya," jelasnya.

Beruntung, pengemudi tersebut selamat. Namun, akibat kecelakaan tersebut, kendaraan dan planter box mengalami kerusakan.

Seorang saksi menceritakan detik-detik kecelakaan mobil menghantam beton pembatas jalur sepeda di Sudirman, Jakarta Selatan. Terdengar suara kencang di lokasi ketika kecelakaan terjadi.

"Saya dengar suara kencang di depan, saya lihat ternyata ada kecelakaan mobil nabrak taman. Saya ke depan, ada mobil kebalik," cerita petugas parkir fX Sudirman, Erik (30), saat ditemui di lokasi, siang tadi.

Saksi lain, satpam fX Sudirman, Martin (42), menuturkan dirinya melihat mobil sudah terbalik sesaat setelah menabrak keras pembatas jalur sepeda. Ia bersama petugas Satpol PP beserta ojol ikut membantu membalikkan mobil.

"Saya lihat pertama itu udah kebalik, saya lihat di sini saya lari ke depan. Sama ojol, Satpol PP, sama polisi juga, ada derek juga bantu balikin mobil," kata Martin.

(mea/mea)