Bobby Nasution Apresiasi Peluncuran Aplikasi Wefix di BBPLK Medan

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 20:48 WIB
Kemnaker
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menghadiri peluncuran resmi aplikasi Wefix di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan hari ini. Menurutnya, aplikasi Wefix dapat mempermudah pertemuan antara pencari kerja kompeten dengan para pengusaha.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Wefix, meskipun pada era digital ini, banyak aplikasi yang dibuat, akan tetapi apa yang dilakukan Wefix lebih dari itu, dengan memanfaatkan jejaring pengusaha serta pemerintahan, aplikasi ini dapat memberikan dampak yang baik kepada pencari kerja kompeten," ujar Bobby dalam keterangan tertulis, Kamis (22/4/2021).

Sementara itu, Founder dan CEO Wefix Hasustan Kosim menjelaskan layanan pada aplikasi Wefix berfokus pada para pekerja yang memiliki sertifikasi untuk menjadi entrepreneur. Selain itu, Wefix juga bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan agar mempermudah industri serta pengguna untuk mencari SDM kompeten.

"Saat ini, Wefix bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan RI," ungkapnya.

Hasustan berharap hadirnya Wefix dapat menjembatani kebutuhan masyarakat akan SDM yang andal dan bersertifikasi. Dengan demikian, para SDM dapat layak pakai sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

"Selain itu, Wefix juga diharapkan menjadi wadah bagi SDM yang saat ini belum memiliki pekerjaan formal untuk dapat memiliki kemampuan dan bisa tersalurkan sesuai bakat dan minatnya," jelasnya.

Untuk membantu para pengguna aplikasi Wefix (Wefiker) dalam permodalan, Wefix juga mendapatkan support dari Bank Sumatera Utara sehingga nantinya Wefiker akan mendapat kemudahan bantuan modal hingga Rp 10 juta. Terkait hal ini, Hasustan pun berharap agar wali kota dan stakeholder dapat mendukung dan membantu program pemerintah agar angka pengangguran terus berkurang.

"Dukungan dari bapak wali kota dan seluruh stakeholder semakin membuat kami yakin dan optimis bahwa kehadiran platform Wefix ini akan menjadi jawaban dari kebutuhan persoalan masyarakat, serta juga mampu membantu program pemerintah kota untuk terus mengurangi angka pengangguran dan mewujudkan SDM yang berkualitas," pungkasnya.

Sebagai informasi, lokasi peluncuran di BBPLK Medan merupakan salah satu upaya dari Wefix untuk menggandeng stakeholder dari unsur pelatihan vokasi yang telah terbukti menghasilkan lulusan kompeten dan diterima industri.

Dalam acara tersebut, turut hadir Direktur Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan, Muhammad Ali mewakili BBPLK Medan sebagai tuan rumah peluncuran aplikasi Wefix. Hadir pula unsur pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, Apindo Sumut, REI, PHRI, IHGM, LPJK, ASITA, Koekraf, serta AEKI.

(akn/ega)