Jubir Jokowi: Insyaallah Upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Baru

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 14:28 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan Pradesain Istana Negara Ibu Kota Baru. Pradesain burung garuda pun jadi sorotan. Namun Jokowi memastikan bahwa pradesain masih butuh masukan dari masyarakat dan arsitek.
Pradesain Istana Negara Ibu Kota Baru (Foto: Screenshoot Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah menargetkan groundbreaking proyek ibu kota negara (IKN) yang baru dilaksanakan tahun ini. Jika tidak ada halangan, bakal ada upacara kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2024 di ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Insyaallah, mudah-mudahan bisa 17 Agustus 2024 ada upacara kemerdekaan di Penajam Paser Utara," kata Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (22/4/2021).

Fadjroel sudah meninjau lokasi calon ibu kota negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kaltim, beberapa waktu lalu. Dia juga diminta Presiden Jokowi perihal komunikasi publik soal ibu kota baru.

Fadjroel mengatakan proyek ibu kota negara baru bisa memulihkan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

"Ibu kota negara baru ini sebenarnya salah satu strategi pemulihan ekonomi kita setelah menghadapi pandemi. Karena diupayakan IKN (ibu kota negara) yang insyaallah menyerap Rp 500 triliun di mana 1 persen dari APBN," ujar Fadjroel.

Dijelaskan Fadjroel, bahwa proyek ibu kota baru akan menyerap nyaris 100 ribu tenaga kerja usai groundbreaking. Hingga tahun 2045, diproyeksikan hampir 5 juta tenaga kerja diberdayakan dalam proyek.

"Diharapkan, ketika groundbreaking, pembangunan tahun pertama itu akan bisa menyerap hampir 100 ribu tenaga kerja. Sampai tahun 2045, menurut masterplan Bappenas, menyerap hampir 5 juta tenaga kerja," ujar Fadjroel.


Halaman selanjutnya, soal kritikan pemindahan ibu kota...

Selanjutnya
Halaman
1 2