Kebakaran Permukiman di Tamalate Makassar, 9 Rumah Rumah Hangus

Reinhard Soplantila - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 13:40 WIB
Kebakaran di permukiman penduduk Tamalate, Makassar (Reinhard/detikcom).
Foto: Kebakaran di permukiman penduduk Tamalate, Makassar (Reinhard/detikcom).
Makassar -

Kebakaran terjadi permukiman penduduk di Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). 9 rumah warga dan 1 indekos hangus terbakar.

"Sementara ini belum untuk penyebab, kita belum ketahui penyebabnya apa, tetapi teman-teman masih bekerja dan informasi awal itu ada sembilan rumah itu hitungan pemadam kebakaran. Sembilan rumah karena ada juga beberapa yang masih terdampak itu belum didata," kata Kasi Penyelamatan Damkar Makasssar, Abdul Gafur, pada Kamis (22/4/2021).

Kebakaran tersebut diketahui terjadi di Jalan Bontoduri Tujuh Lorong 2, Kecamatan Tamalate, kota Makassar, pada Kamis (22/4) sekitar pukul 09.00 WITA. Anggota Damkar Makassar beserta pihak kepolisian yang mengetahui informasi itu, langsung mendatangi TKP guna mengamankan lokasi dan memadamkan api.

"Mulai masuk informasi itu jam Sembilan kita langsung meluncur ke sini kurang lebih ada sepuluh menit kita tiba di lokasi," ungkap Abdul Gafur.

Kobaran api baru dapat dikendalikan kurang lebih dua jam lamanya, setelah anggota Damkar Makassar, menurunkan 25 mobil Damkar dan puluhan personil ke lokasi. Lamanya proses pemadaman ini, disebabkan lantaran banyaknya warga yang menonton dan lokasi ke titik api yang sulit hingga beberapa kali aparat polisi harus mengusir warga sekitar.

"Kendala ditemui gara-gara arus lalu lintas dengan jalur yang sempit," sebut Abdul Gafur.

Sementara itu, menurut salah satu korban yang rumahnya terbakar, Ani mengatakan, saat kebakaran ini terjadi dirinya tengah keluar dan rumahnya tengah kosong. Saat pulang, dia pun kaget melihat rumahnya dan rumah tetangganya telah terbakar.

"Saya dari bank BRI, langsung ke pasar pulang dari pasar langsung di atas api dari rumah kedua rumahku dengan rumah yang disebelah." tutur Ani.

Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran, namun dugaan sementara lantaran arus pendek listrik di salah satu rumah.

Simak juga 'Kebakaran di Kembangan Jakbar, Diduga dari Bakaran Serbuk Kayu':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)