Raisa-Denny Chandra Suntik Vaksin COVID di Balai Kota DKI Hari Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 13:07 WIB
Raisa jalani vaksinasi COVID-19 di Balai Kota hari ini
Raisa menjalani vaksinasi COVID-19 di Balai Kota hari ini (Foto: dok. Humas Balai Kota DKI Jakarta)
Jakarta -

Penyanyi Raisa dan sejumlah pekerja seni lainnya menjalani vaksinasi COVID-19 di Balai Kota DKI hari ini. Proses vaksinasi Raisa dkk itu ditinjau langsung oleh Gubernur DKI Anies Baswedan.

Pantauan detikcom, Raisa dkk tiba di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, pukul 10.30 WIB. Mereka menjalani vaksinasi di gedung Balai Agung, lantai 2. Satu per satu mereka menjalani tahapan vaksinasi.

Selain Raisa, ada pekerja seni lain seperti pelawak, stand up comedian, dan lainnya. Belum diketahui pasti berapa jumlah pekerja seni yang menjalani vaksinasi hari ini.

Anies mengatakan Pemprov DKI menyediakan 30 ribu kuota vaksinasi bagi pekerja seni. Mantan Mendikbud itu berharap vaksinasi ini dapat membantu para pekerja seni bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19.

"Kita berharap, dengan adanya vaksinasi ini, teman-teman pekerja seni bisa berkarya dengan lebih leluasa dan bisa kembali memunculkan kreasi-kreasi yang memberikan manfaat kepada masyarakat tanpa harus khawatir efek penularan COVID. Ini bagian dari memajukan-membahagiakan warga Jakarta di mana semua unsur bisa satu demi satu mendapatkan perlindungan dari COVID," kata Anies seusai peninjauan, Kamis (22/4/2021).

Anies menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan asosiasi pekerja seni untuk menuntaskan program ini. Nantinya, Pemprov akan menentukan lokasi-lokasi vaksinasi di sejumlah wilayah.

"Proses akan jalan terus, kali ini di Balkot, Balai Agung, tapi kita akan memiliki tempat-tempat vaksinasi di berbagai wilayah nanti akan diumumkan detailnya. Jadi teman-teman seni bisa dapat vaksin secara lebih mudah," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Raisa bersyukur dan berterima kasih mendapat suntikan vaksin COVID-19. Sebab, Dia memahami betul bagaimana pandemi COVID-19 menyerang industri seni.

"Menurut saya, industri musik atau seni sendiri adalah salah satu industri yang juga terdampak lumayan parah dengan COVID-19 karena juga kita nggak bisa pertunjukan. Untuk perfilman nggak bisa ada syuting dan sebagainya. Cuma sekarang kita dengan protokol yang kita bikin sendiri dengan prokes ketat, regulasi sendiri, alhamdulillah kita bisa berjalan juga, syuting, manggung, walau nggak ada penontonnya," ucap Raisa.

Raisa jalani vaksinasi COVID-19 di Balai Kota hari iniRaisa menjalani vaksinasi COVID-19 di Balai Kota hari ini (Tiara Aliya/detikcom)

Raisa juga mengungkapkan banyak teman di balik layar yang juga merasakan imbas COVID-19. Ke depannya, Raisa meminta agar program vaksinasi ini bisa dilakukan secara lebih merata.

"Yang terdampak mungkin banyak yang nggak kelihatan karena bukan sekadar kami saja yang ada di atas panggung, tapi seluruh industrinya sampai mungkin yang rental, EO, pekerja panggung, sekuriti, petugas bersih-bersih dalam area konser, itu semua terdampak," ujarnya.

"Untuk melihat tenaga seni dapat giliran untuk vaksin, saya bersyukur dan senang banget karena juga sudah nunggu yang diprioritaskan yang lain yang pastinya jauh lebih rentan dibanding kita-kita dan sekarang senang juga. Semoga semua dapat giliran juga, cepat, dan prosesnya hari ini sangat lancar, ada prokesnya, jaga jarak, pakai masker, tadi juga semua langkah-langkah sangat mudah," imbuh Raisa.

Di kesempatan yang sama, aktor sekaligus komedian Denny Chandra berharap vaksinasi bagi pekerja seni dapat menjadi solusi untuk keluar dari masalah ekonomi, sehingga dapat menciptakan karya-kaya selanjutnya.

"Moga-moga ini jadi salah satu jalan keluar agar ekonomi cepat berjalan, sehingga pekerja seni bisa bekerja kembali seperti semula menghasilkan karya-karya yang tentu saja bermanfaat," ungkapnya.

(eva/eva)