5 KRI-1 Heli Cari KRI Nanggala-402, Hyperbaric Chamber Disiapkan

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 09:55 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Potret kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sementara itu, TNI AL sudah menyiapkan posko crisis center di Marko Armada 2 Surabaya dan di Lanal Banyuwangi. Peralatan pencarian hingga alat komunikasi juga disiapkan di posko crisis center tersebut.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Humas Kemhan, KRI Nanggala-402 hilang setelah meminta izin menyelam pada pukul 03.00 WIB, Rabu (21/4) kemarin. Proses pencarian pun dilanjutkan pagi ini dengan mengerahkan kapal milik TNI AL.

Dugaan sementara KRI Nanggala-402 mengalami black out sehingga kapal tidak terkendali dan tidak bisa melaksanakan prosedur kedaruratan. Tangki BBM kapal selam itu juga diduga rusak.

Per pukul 07.36 WIB hari ini, KRI Nanggala-402 belum juga ditemukan. Namun area kapal selam hilang sudah ditemukan berdasarkan tumpahan minyak yang ditemukan kemarin.

Ada 53 orang di dalam kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang tersebut. Diagendakan, kapal selam itu seharusnya melakukan latihan penembakan torpedo.


(mei/imk)