5 KRI-1 Heli Cari KRI Nanggala-402, Hyperbaric Chamber Disiapkan

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 09:55 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Potret kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan semua peralatan yang ada untuk pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali. TNI AL optimistis KRI Nanggala-402 dapat ditemukan.

"Kita optimistislah, dalam arti kata kita sudah kerahkan semua sumber daya yang ada, peralatan ada. Indonesia juga punya peralatan tersebut, ada KRI Rigel nanti dibantu KRI Soeharso yang akan bawa peralatan untuk mendeteksi bawah laut," ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad dalam jumpa pers, Kamis (22/4/2021).

TNI AL mengerahkan 5 KRI dan 1 helikopter untuk pencarian KRI Nanggala-402. Beberapa di antaranya sudah bergerak menuju lokasi hilangnya KRI Nanggala-402.

"Sebagai informasi, terdapat beberapa KRI yang sudah dikerahkan, KRI Rigel, ada 5 KRI, dan 1 helikopter yang melakukan pencarian. KRI Rigel 933 saat ini sudah bergerak, yang digunakan pencarian Sriwijaya Air," jelasnya.

Beberapa peralatan pendukung juga telah disiapkan, termasuk ambulans hingga hyperbaric chamber untuk membantu proses evakuasi.

"Beberapa peralatan pendukung, seperti ambulans MRC mobile, hyperbaric chamber juga disiapkan. Mudah-mudahan, apabila ditemukan, salah satu cara menyelamatkan para awak," ungkapnya.

Selain dari TNI AL, KNKT dan Basarnas menawarkan bantuan untuk pencarian KRI Nanggala-402.

"Dari Kepala Basarnas, KNKT, juga akan membantu pencarian dengan mengerahkan gabungan BPPT, Basarnas, P3L sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan dengan menggunakan kapal Basarnas. Jadi akan membawa peralatan," ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Simak Video: Pencarian Besar-besaran KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Bali

[Gambas:Video 20detik]