Spotlight

Nadiem Dicerca, Nadiem Dibela

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 07:30 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (kiri) menerima laporan Panitia Kerja (Panja) Pembelajaran Jarak Jauh dari Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti (kanan) saat rapat kerja di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Rapat kerja tersebut  membahas tentang laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2019, proses hibah hak paten merdeka belajar serta kebijakan sekolah yang berada dalam zona hijau COVID-19. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
Jakarta -

Nadiem Makarim jadi salah satu menteri paling disorot dalam isu reshuffle kabinet kali ini. Ada yang mencerca Nadiem, ada pula yang membela.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem memang tak lepas dari kontroversi. Kementerian yang dipimpinnya lekat dengan 'kegaduhan' yang tak substansial, begitu pendapat mantan wakil menteri pendidikan nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal.

Pun demikian dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menyoroti gaduh di Kemendikbud. Hilangnya nama Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam kamus sejarah Indonesia bikin Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menyebut Kemendikbud hanya menambah beban politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dia mengusulkan Nadiem dievaluasi.

"Apakah dengan kejadian-kejadian di atas itu kemudian Menterinya perlu dievaluasi atau reposisi, maka bagi PPP itu hak prerogatif presiden sepenuhnya," kata Arsul.

Di tengah kencangnya kabar reshuffle, Nadiem mengunggah foto bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Nadiem pun dinilai tengah mencari perlindungan.

"Dugaan Nadiem mencari suaka politik cukup menguat dengan menghadap Ketum PDIP. Setidaknya itu bisa diukur dari respons publik dan komentar di media sosial," kata Direktur Parameter Politik Adi Prayitno kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).

"Publik itu sangat pintar membaca gerak-gerik elite karena sudah terbiasa dengan suasana politik semacam itu. Apa lagi belakangan ini Nadiem kerap diserang-serang menteri yang layak dievaluasi," ujar Adi.

Lihat juga Video: Unggah Foto Bareng Megawati, Nadiem Dinilai Sedang Dag-Dig-Dug

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2