Hilangnya Kapal Selam RI Nanggala-402 Jadi Sorotan Media Asing

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 06:01 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Kapal Selam KRI Nanggala-402 (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

Kapal selam milik TNI Angkatan Laut (AL) dilaporkan hilang kontak saat latihan penembakan torpedo di laut utara Bali. Kapal selam tersebut yaitu KRI Nanggala-402.

Hilang kontaknya KRI Nanggala-402 ini tidak hanya menjadi perbincangan dalam negeri. Namun juga menjadi sorotan media-media asing.

Beberapa media yang juga memberitakan hilang kontaknya KRI Nanggala-402 ini diantaranya Reuters dan AFP.

Reuters menuliskan kapal selam KRI Nanggala-402 ini dibuat di Jerman. Kapal selam ini memiliki kecepatan jelajah 21,5 knot.

TNI AL tengah mengecek hilang kontaknya KRI Nanggala-402. Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menyebut KRI Nanggala-402 hilang kontak dalam latihan penembakan torpedo.

"Setiap latihan pasti ada komunikasi antara unsur di atas air dan bawah air. Saat komunikasi itu tidak terjadi, maka kita mencari, kok tidak ada laporan di unsur bawah air. Lost contact," kata Julius.

"Sebelum kapal selam menembakkan dengan peluru perang, itu latihan dulu. Paginya latihan torpedo, latihan dulu, siangnya baru nembak riil...," ucap dia.

Diketahui KRI Nanggala-402 itu rencananya akan unjuk gigi di depan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hari ini.

"Iya (53 orang), (terdiri dari-red) 49 (kru) ditambah ada komandan kapal, lainnya ada yang ikut 3 dari arsenalnya," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada detikcom perihal jumlah manifes dalam kapal selam yang hilang kontak itu, Rabu (21/4/2021) sore.

Pencarian kapal selam yang hilang kontak tersebut sedang dilakukan. TNI mengeluarkan seluruh armada kompeten untuk mencari kapal selam tersebut.

"Seluruh kapal milik TNI yang memiliki kemampuan mencari benda di bawah permukaan air kami kerahkan," ucap Hadi.

TNI menggandeng Australia dan Singapura dalam pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 ini. TNI telah melakukan komunikasi dengan Singapura dan Australia.

"Kan kita selama ini punya kerja sama ya. Kalau pencarian dan sebagainya terkait dengan kecelakaan latihan, dengan Singapura maupun Australia. Sudah kita laksanakan kita komunikasikan," tutur Hadi.

Simak Video: Pencarian Besar-besaran KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Bali

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)