Round-Up

Dugaan Cekcok Suami Istri Bikin Seratusan Rumah Dilalap Api

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 21:03 WIB
Warga korban kebakaran Tamansari, Jakarta, sambangi tempat tinggal mereka yang hangus terbakar. Mereka mencari barang berharga yang masih dapat diselamatkan
Pascakebakaran Tamansari Jakbar. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Penyebab kebakaran di Keagungan, Tamansari, Jakarta Barat, diduga dipicu cekcok pasangan suami istri. Polisi yang melakukan penyelidikan tak menemukan kaitannya.

Dugaan sementara penyebab kebakaran itu diutarakan seorang warga bernama Danang. Dia mengatakan api awal mula berasal dari salah satu rumah kontrakan.

Ketika itu dia menyebut sang pemilik rumah sedang bertengkar.

"Api dari salah satu rumah kontrakan dipicu pertengkaran suami istri. Pasangan itu ribut, salah satunya membakar bantal, sehingga merembet ke barang-barang lain," kata salah seorang warga, Danang, di Jakarta, Barat, seperti dikutip dari Antara.

Danang mengetahui persoalan keluarga menjadi penyebab kebakaran berasal dari posting-an melalui media pertemanan WhatsApp. Rumah kontrakan yang berada di hunian padat itu membuat api cepat membesar dan menyambar ke segala arah, mulai dari listrik, tabung elpiji, sepeda motor bahkan ada yang meledak.

"Salah satu dari pasangan itu merekam dan menyebarkan lewat WhatsApp," kata Danang.

"Saya sendiri meskipun harta benda ikut hangus, tetapi dokumen-dokumen penting masih bisa diselamatkan," ujar dia.

Kebakaran itu terjadi pada Minggu (18/4) pukul 15.28 WIB. Api padam pukul 17.38 WIB.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut 130 rumah atau 263 keluarga terkena dampak kebakaran itu. Anies memastikan pihaknya akan menyiapkan tempat sementara bagi warga yang terdampak selama masa pemulihan pascakebakaran.

Balik lagi ke soal dugaan penyebab kebakaran, Kepala Dinas Gulkarmat Satriadi Gunawan mendapat informasi dipicu cekcok keluarga. Namun kebenarannya masih harus dilakukan penyelidikan.

"Sama di Jakarta Barat isunya itu, hasil yang kami dapat juga sama ada cekcok keluarga, macam-macam lah, viral juga. Jadi banyak kejadian kebakaran banyak penyebabnya, bisa human error, dan kelalaian kompor, orang tidur," kata Kepala Dinas Gulkarmat Satriadi Gunawan, kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).

Selanjutnya
Halaman
1 2