Investigasi Polisi Kilang Balongan, Pertamina: Jadi Evaluasi Keamanan

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 20:39 WIB
Kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3) lalu. Yuk lihat lagi Kilang Balongan sebelum dan saat terbakar.
Foto: Antara Foto/Dedhez Anggara
Jakarta -

Proses investigasi kebakaran tangki BBM di Kilang Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat oleh kepolisian masih berjalan. Pertamina menyatakan mendukung langkah yang dilakukan kepolisian.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menyampaikan pihaknya meyakini polisi bekerja dengan baik dalam menjalankan penyelidikan.

"Kami percaya profesionalitas aparat penegak hukum yang sedang bekerja untuk mengungkap penyebab peristiwa kebakaran tangki. Kami semua berharap hasil investigasi yang diperoleh akan objektif sesuai kebenaran fakta yang ditemukan," ungkap Ifki dalam keterangan tertulis, Rabu (21/4/2021).

Pertamina, kata Ifki, membuka komunikasi seluas-luasnya kepada tim investigasi terkait insiden ini dan akan terus bekerja sama untuk menuntaskan proses investigasi yang sedang berjalan.

Menurut Ifki, Pertamina sangat berkepentingan untuk mengetahui penyebab pasti insiden. Hal itu akan menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan keamanan kilang.

"Hasil investigasi kami perlukan sebagai bahan evaluasi dan kajian untuk perbaikan sistem keamanan kilang ke depan," sebut Ifki.

(mul/ega)