Akhiri Masa Jabatan, Airin Serahkan Kursi Walkot ke Bambang Noertjahjo

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 18:25 WIB
Pemkot Tangsel
Foto: dok. Pemkot Tangsel
Jakarta -

Airin Rachmi Diany mengakhiri masa jabatannya sebagai Wali Kota Tangerang Selatan. Penyerahan jabatan diberikan kepada PLH Wali Kota Tangerang Selatan Bambang Noertjahjo di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan sertijab yang berlangsung Selasa (20/4) itu, Airin menjelaskan penyerahan jabatan ini dilakukan atas dasar amanat perundang-undangan yang berlaku, khususnya terkait dengan masa jabatan kepala daerah. Airin menambahkan dari aspek filosofis, masa jabatan kepala daerah dilaksanakan secara berkelanjutan, terus menerus, dan tidak boleh ada kekosongan.

"Tidak akan ada istilah akhir atau ujung bagi proses pemerintahannya," ujar Airin dalam keterangan tertulis, Rabu (20/4/2021).

Airin mengatakan dengan adanya serah terima jabatan ini, seluruh program, tanggung jawab, serta kebijakan akan diteruskan dan berlanjut di kepemimpinan setelahnya. Salah satunya penanganan COVID-19. Sebagaimana diketahui, pandemi telah memberikan dampak kepada seluruh sektor.

Sebagai pemimpin pertama pada periode awal di kota yang baru, Airin mengaku ada banyak hal yang telah ia benahi bersama Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. Ia menyebutkan pihaknya telah membangun berbagai sektor dan mulai menyediakan fasilitas sedikit demi sedikit. Hal ini disebut Airin merupakan bentuk tanggung jawab pihaknya sebagai pemimpin daerah.

Airin melanjutkan, kepemimpinannya bersama Benyamin berlanjut pada periode kedua sebab keduanya masih dipercaya untuk memimpin wilayah Tangerang Selatan. Ia mengungkap di periode kedua ini pihaknya melanjutkan pembangunan daerah serta memperkuat birokrasi agar mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hingga akhirnya masa kepemimpinannya selesai di tahun ini.

Kendati demikian, lanjut Airin, Benyamin akan melanjutkan kepemimpinan Airin untuk masa kepemimpinan tahun 2021 sampai dengan 2024 mendatang.

Sementara itu, PLH Wali Kota Tangerang Selatan Bambang Noertjahjo mengatakan akan menjaga seluruh pencapaian yang sudah dilakukan oleh Airin pada masa kepemimpinannya.

"Terima kasih, Ibu Wali Kota yang sudah membawa Tangsel menjadi seperti ini," ungkap Bambang.

Apresiasi juga diberikan Dandim 0506 Tangerang Raya Kolonel Inf. Bambang Herry Tugiyono turut atas kinerja Airin dalam 10 tahun terakhir. Ia berharap Airin tetap memberikan masukan untuk proses pembangunan daerah yang akan datang.

(mul/ega)