Nadiem Makarim Puji Kiprah Hasyim Asy'ari dan NU

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 15:25 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim
Nadiem Makarim (Foto: Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menekankan bahwa pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari adalah tokoh panutan yang berjasa pada pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Nadiem menekankan bahwa kamus sejarah yang menghilangkan nama KH Hasyim Asy'ari akan diperbaiki.

"KH Hasyim Asy'ari adalah kiai, guru dan panutan yang telah menorehkan sejarah panjang dalam perkembangan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia," kata Nadiem dalam video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Rabu (21/4/2021).

Nadiem mengatakan bahwa NU adalah organisasi besar yang berjasa untuk bangsa. NU, kata Nadiem, lahir dari pemikiran KH Hasyim Asy'ari.

"Dan NU sebagai organisasi terbesar di Indonesia yang lahir dari buah pemikiran beliau akan senantiasa menjadi pilar terpenting dari segala lini kemajuan bangsa," kata dia.

Nadiem mengatakan bangsa Indonesia berhak untuk mengetahui tokoh-tokoh yang berjasa untuk bangsa. Nadiem mengatakan juga membangun museum untuk mengenang jasa KH Hasyim Asy'ari di Jombang, Jawa Timur.

"Bangsa ini berhak mengetahui tokoh-tokoh yang berjasa dalam mendirikan dan membangun negeri. Hal itu juga membuat Kemendikbud malah mendirikan museum Islam Hasyim Asy'ari di Jombang dan menerbitkan buku KH Hasyim Asyari pengabdian seorang kiai untuk negeri dalam rangka 109 tahun kebangkitan nasional," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2