Sampai Mana Pengusutan Dugaan Pelecehan Seksual oleh Pejabat DKI Blessmiyanda?

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 15:09 WIB
Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Provinsi DKI Jakarta, Blessmiyanda.
Blessmiyanda (Foto: Dok. BPPJB DKI)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta melalui Inspektorat DKI Jakarta segera mengumumkan hasil pemeriksaan Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta Blessmiyanda terkait dugaan pelecehan seksual. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Maria Qibtya menjelaskan laporan akan diberikan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Kita kan hasil pemeriksaan nanti kita berikan laporannya kepada Pak Gubernur, untuk rekomendasi penjatuhannya seperti apa. Hukuman yang diberikan, nanti baru BKD akan memproses SK-nya. Sementara ini kita tunggu dulu ya," kata Maria saat ditemui di DPRD DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).

Maria menegaskan pihaknya tak menunda pemeriksaan meskipun salah salah seorang inspektur terpapar COVID-19. Laporan yang diberikan kepada gubernur akan ditindaklanjuti dengan menerbitkan surat keputusan (SK).

"Pemeriksaan tidak ditunda, tetap jalan," jelasnya.

Sejauh ini Pemprov DKI masih belum menentukan langkah untuk Blessmiyanda. Yang jelas, pergantian kepala bisa dilakukan melalui seleksi terbuka maupun pengangkatan SKPD yang ada.

"Kalau pengganti mekanismenya sesuai dengan JPT Pratama atau eselon dua. Jadi bisa antara SKPD yang ada atau bisa melalui seleksi terbuka. Itu mekanismenya. Karena kalau sekarang belum diisi karena belum ada putusannya. Kita tunggu saja," ucapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menegaskan pihaknya tak memberi ruang terhadap pelaku tindakan asusila. Dia meminta seluruh pihak tenang dalam menyikapi kasus ini.

"Intinya adalah, bagi kami, saya tidak akan komentar proses hukum dan itu prosesnya sedang berjalan. Tapi, yang pasti, DKI Jakarta zero tolerance terhadap pelecehan seksual. Tidak ada ruang untuk orang-orang yang melakukan aktivitas pelecehan seksual di tempat ini," kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (5/4/2021).

Anies menyebut akan mengawal kasus ini sampai tuntas. Setelah hasil pemeriksaan terbit, dia baru memutuskan langkah selanjutnya yang akan ditempuh terhadap Blessmiyanda.

Blessmiyanda dinonaktifkan gara-gara dugaan tindakan asusila. Anies menunjuk Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Sigit Wijatmoko menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPPBJ Provinsi DKI Jakarta. Anies memastikan Pemprov DKI menempatkan perlindungan terhadap pelapor sebagai prioritas utama.

Simak juga 'Cerita Pahit Cinta Laura Jadi Korban Pelecehan Seksual':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)