detikcom Do Your Magic

Lapak Relokasi Korban Kebakaran Pasar Minggu Mulai Ditempati

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 12:41 WIB
Pedagang korban kebakaran Pasar Minggu mulai menempati tempat relokasi sementara.
Pedagang korban kebakaran Pasar Minggu mulai berdagang. (Afzal Nur Iman/detikcom).
Jakarta -

Para pedagang korban kebakaran Blok C Pasar Minggu mulai menempati lokasi relokasi sementara di Blok B Pasar Minggu. Beberapa pedagang mulai berjualan atau membangun lapan yang akan ditempati.

Pantauan detikcom di lokasi, tepatnya di lantai 1 Blok B Pasar Minggu, pada Rabu (21/4/2021), pukul 11.40, terlihat banyak aktivitas pedagang yang sedang mendirikan kios untuk berdagang. Kios tersebut didirikan di atas lapak sementara miliknya dengan kayu dan triplek.

Siang ini aktivitas pasar tidak diramaikan dengan aktivitas jual-beli, namun ramai oleh pekerja yang sedang mendirikan kios. Beberapa lapak juga terlihat pedagang yang sudah berjualan. Ada pedagang kelapa, telur, bumbu halus, dan sayuran yang mulai berdagang.

Namun banyak juga lapak yang belum ditempati oleh pedagang. Beberapa pedagang juga terlihat berkumpul dengan sesama pedagang lain dan saling mengobrol mengenai kondisi tempat relokasi.

Beberapa pedagang masih mengeluhkan sepinya lapak sementara yang disediakan. Mereka mengeluh karena harus memulai mencari pelanggan baru di lapak sementara tersebut.

"Aku kan di bawah punya langganan ya, ya sebagian ada yang mau ke sini, sebagian enggak, ya semuanya mulai dari nol lagi, semuanya," kata salah satu pedagang, Oneng Hayati, di lokasi.

Pedagang Pasar Minggu, Oneng HayatiPedagang Pasar Minggu, Oneng Hayati (Afzal Nur Iman/detikcom)

Untuk mulai berjualan lagi, Oneng sama sekali tidak mendapat bantuan selain lapak sementara seluas 1,2 x 1,2 meter tersebut. Untuk mendirikan kios dan peralatan berjualan, dia harus mengeluarkan modal lagi.

"Dari alat-alat, mesin juga kan, kita mesin di bawah ada 5 yang aktif, semua nggak ada yang dibawa ke sini," tambahnya.

Ke depannya Oneng berharap lapak sementara tersebut bisa ramai seperti tempat sebelumnya. Dia menceritakan ketika awal berjualan di tempat sebelumnya juga pasar tidak terlalu ramai.

"Dulu juga seperti ini di bawah, masih sepi, terus sama satpam tuh dibantu juga ya, orang belanja disuruh naik ke atas, alhamdulillah, mudah-mudahan di sini juga begitu ya, ramai," jelasnya.

Simak Video: Pasar Minggu Terbakar, Pemkot Jaksel Akan Relokasi Pedagang

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2