Hari Kartini 2021, Jokowi Sitir Pesan Kehidupan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 12:01 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Kartini 2021. Jokowi menyitir pesan Raden Adjeng Kartini soal kehidupan.

Ucapan itu disampaikan dalam akun Instagram @jokowi seperti dilihat detikcom, Rabu (21/4/2021). Jokowi mengunggah foto RA Kartini yang bertuliskan 'Selamat Hari Kartini' dan 'Habis Gelap, Terbitlah Terang'.

Postingan di Hari Kartini 2021 juga dibubuhi caption soal kehidupan. Jokowi menyitir kata-kata mutiara dari RA Kartini.

Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

Raden Adjeng Kartini (1879-1904)

Seperti diketahui, sosok RA Kartini menjadi tokoh emansipasi wanita yang dikenang sebagai pahlawan nasional Indonesia. Semangat dan sikap pantang menyerah dalam memperjuangkan kebangkitan wanita dalam pendidikan menorehkan sejarah baru di Indonesia.

Presiden Sukarno menerbitkan instruksi Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964 untuk menetapkan RA Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Sukarno juga menetapkan tanggal kelahiran RA Kartini, 21 April, diperingati sebagai Hari Kartini sampai sekarang.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Tonton juga Video: Melihat Monumen Ari-ari RA Kartini di Jepara

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)