Doni Monardo: Pemudik Secara Tak Langsung Telah Membunuh Orang Tuanya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 08:58 WIB
Doni Monardo
Doni Monardo (Dok. BNPB)
Jakarta -

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo mengimbau masyarakat, khususnya warga Aceh, agar tidak melakukan mudik ke kampung halaman pada Lebaran 2021. Doni mengatakan melakukan mudik secara tidak langsung telah membunuh orang tua di kampung halaman.

Doni Monardo awalnya mengatakan bahwa tak ada jaminan pemudik akan bebas COVID-19 meskipun telah membawa surat hasil tes negatif. Doni menyebut risiko penularan sangat tinggi saat di perjalanan.

"Tidak menjamin seseorang yang sudah membawa dokumen negatif COVID-19 akan selamanya negatif. Kita sudah buktikan, mereka yang berada di dalam perjalanan itu punya risiko yang sangat tinggi," kata Doni dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 bersama Pemerintah Provinsi Aceh di Kota Banda Aceh, Selasa (20/4/2021), seperti dalam rilis di situs resmi BNPB.

"Mereka sudah negatif COVID-19, merasa nyaman, tetapi tanpa sadar mereka menyentuh bagian tertentu dari permukaan benda-benda yang mungkin sudah terkena droplet dari seseorang yang positif COVID-19," jelas Doni.

Doni mencontohkan, jika seorang pemudik terinfeksi COVID-19 dalam perjalanan dan tiba di kampung halaman, yang bersangkutan menjadi carrier dan berpotensi menulari sanak famili, termasuk orang tuanya di rumah.

Doni mengingatkan bahwa tidak semua daerah di kampung halaman memiliki fasilitas kesehatan yang baik. Akibatnya, dapat menimbulkan risiko yang fatal jika ada anggota keluarga yang tertular karena kendala fasilitas kesehatan. Dia mengatakan seorang pemudik yang pulang ke kampung halaman secara tak langsung telah membunuh orang tua.

"Di kampung belum tentu tersedia rumah sakit, belum tentu tersedia dokter, belum tentu tersedia fasilitas kesehatan yang baik," jelas Doni.

"Apa artinya? Yang bersangkutan (pemudik) sama halnya secara tidak langsung telah membunuh orang tuanya," imbuh Doni.

Simak Video: Mereka yang Memilih Mudik Lebih Awal Via Stasiun Pasar Senen

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2