Maling Spesialis Rumah Kosong di Tangsel Diciduk Usai 150 Kali Aksi

Rakha Arlyanto - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 07:25 WIB
Polres Tangerang Selatan menangkap pelaku pencurian di rumah kosong
Foto: Polres Tangerang Selatan menangkap pelaku pencurian di rumah kosong. (Rakha Arlyanto/detikcom)
Tangerang Selatan -

Komplotan pelaku pencurian spesialis rumah kosong di Tangerang Selatan diringkus polisi setelah beraksi sebanyak 150 kali. Dua pelaku berhasil diamankan, sedangkan satu orang pelaku masih dalam pengejaran.

"Satreskrim berhasil mengamankan dua orang tersangka dan masih ada DPO yang masih kita cari. Yang bersangkutan melakukan kejahatan sebanyak 150 TKP yang ada di wilayah hukum Polres Tangsel," ujar Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin kepada wartawan, Selasa (20/4/2021).

Dari 150 lokasi itu di antaranya di wilayah Tangerang Selatan, Jakarta dan Bogor.

"85 TKP di wilayah Tangerang Selatan, 65 di wilayah Jakarta, Tangerang, Bogor," imbuhnya.

Pelaku menggunakan modus operandi merusak gembok pintu dan memasuki rumah dengan mencongkel jendela. Diketahui dua orang pelaku yang diamankan oleh polisi tersebut berinisial HR (36) dan RK (37). Sedangkan satu pelaku D masih buron.

Iman menjelaskan, kedua pelaku tersebut tidak terorganisir satu sama lain. Kedua pelaku merupakan dua kelompok yang berbeda.

"Tidak (terorganisir). Dua kelompok yang berbeda, bukan satu kelompok," kata Iman.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Angga Surya Saputra mengatakan pelaku tidak memiliki sasaran khusus rumah yang akan disatroni, namun mesti rumah itu ditinggal penghuninya.

"Mereka random saja, yang penting rumah kosong," kata Angga.

Sebelum melakukan aksinya, para pelaku biasanya akan melakukan survei dan pemetaan. Mereka mengamati aktivitas di rumah-rumah warga.

Kedua pelaku kini dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, diancam dengan pidana paling lama 9 tahun penjara.

Agar terhindar dari aksi pencurian rumah kosong, masyarakat diimbau untuk menitipkan rumahnya ke petugas keamanan setempat jika hendak bepergian. Pastikan rumah dalam keadaan terkunci saat hendak pergi.

Masyarakat juga disarankan untuk melengkapi pengamanan dengan CCTV. Dengan adanya CCTV, keamanan lebih terawasi sekalipun ditinggal pergi penghuni.

Tonton juga Video "Rumah Mewah di Jakbar Porak-poranda: Lantai Dibongkar, Perabotan Dicuri'':

[Gambas:Video 20detik]




(mea/mea)