BRI Ramadan Update

Perintah Puasa Pertama Kali Turun di Bulan Sya'ban, Berikut Penjelasannya!

Kristina - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 21:31 WIB
Infografis kesempurnaan Puasa
Perintah Puasa Pertama Kali Turun di Bulan Sya'ban, Berikut Penjelasannya! (Ilustasri Foto: Andhika A/detikcom)
Jakarta -

Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Lantas, kapan perintah puasa pertama kali diturunkan?

Syaikh Abu Bakar Jabal Al-Jazairi dalam kitabnya Minhajul Muslim menyebutkan perintah puasa diturunkan bertepatan dengan hari Senin bulan Sya'ban tahun kedua Hijriyah.

Pada saat itu Allah SWT menurunkan perintah puasa melalui surat Al-Baqarah ayat 183,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

Masih dalam kitab yang sama, Syaikh Abu Bakar Jabal menjelaskan, secara etimologi puasa bermakna menahan. Sedangkan secara terminologi puasa adalah menahan makan, minum, menggauli perempuan, dan seluruh hal yang melampaui batas untuk tujuan ibadah mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari.

Puasa memiliki berbagai keutamaan. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah Saw yang terdapat dalam HR. Imam Ahmad Nomor 414 dan HR. An-Nasa'í nomor 167,

"Puasa adalah perisai dari api neraka, seperti perisai masing-masing kalian pada saat berperang"

Dalam HR. At-Tirmidzi Nomor 1622, HR. An-Nasa'i Nomor 172, HR. Ibnu Majah Nomor 1718, dan HR. Imam Ahmad nomor 300-375, Rasulullah Saw bersabda,

"Barangsiapa berpuasa satu hari di jalan Allah SWT maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka karena satu hari itu sejauh perjalanan tujuh puluh musim semi"

Selain itu, dalam HR. Al-Bukhari Nomor 32 dalam kitab Ash-Shiyam, Rasulullah Saw bersabda,

"Sesungguhnya di surga terdapat pintu yang bernama Ar-Rayan. Pada Hari Kiamat orang-orang yang ahli puasa akan masuk melaluinya, dan tidak akan dimasuki oleh orang-orang selain mereka. (Pada saat itu) Ada yang berseru, ''Manakah para ahli puasa?' Seketika itu mereka bangkit dan tidak ada yang memasuki pintu itu kecuali mereka. Ketika mereka telah memasukinya maka pintu ditutup dan tidak ada lagi yang masuk melaluinya"

Puasa juga memiliki banyak manfaat di samping keutamaan yang diperoleh kelak. Salah satunya diberikan kesehatan. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1442 H!

(erd/erd)