Wagub Akui Jakarta Makin Macet, Penerapan Ganjil Genap Dikaji

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 21:11 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Ahmad Riza Patria (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Wagub DKI Ahmad Riza Patria mengakui kepadatan lalu lintas di Ibu Kota meningkat. Namun, menurutnya, kemacetan itu masih dalam tahap wajar.

"Memang ada peningkatan intensitas kepadatan lalu lintas tapi masih dalam taraf yang wajar, terkendali, aman," ujar Riza, kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Riza mengatakan, jika kebijakan ganjil-genap diterapkan lagi, akan segera diumumkan. Namun sampai saat ini ganjil-genap masih dalam kajian.

"Nanti kita akan sampaikan kalau nanti ada diberlakukan ganjil-genap," kata Riza.

Sebelumnya, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptar mengatakan volume kendaraan saat ini hampir masuk kondisi normal sebelum masa pandemi COVID-19. Meski demikian, Rudy tak memerinci berapa peningkatan volume kendaraan yang terjadi saat ini. Menurutnya, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu mengenai data peningkatan volume kendaraan.

"Ada beberapa ruas jalan yang memang bukan meningkat tapi hampir mendekati volume saat normal dulu sebelum pelaksanaan PSBB dan PPKM," ujar Rudy saat dihubungi, Kamis (1/3).

Meski sudah ada peningkatan jumlah volume kendaraan, Pemprov DKI rupanya belum akan memberlakukan kembali kebijakan ganjil-genap. Rudy mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya terkait belum diterapkan kebijakan ganjil-genap.

"Untuk ganjil-genap kita sudah koordinasi dengan pihak Ditlantas juga bahwa kita belum mengarah ke sana ya. Mengingat ini masih PPKM ada pembatasan kapasitas angkutan umum, jadi kita belum mengarah untuk menerapkan kembali," katanya.

(idn/idn)