4 Kasus Pembunuhan Suami Diotaki Istri, Terbaru Bos Wajan Bantul

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 15:53 WIB
Istri bos pabrik wajan yang jadi otak pembunuhan suaminya sendiri, Bantul, Selasa (20/4/2021).
Foto: Istri di Bantul bunuh bos wajan (dok Polres Bantul)
Jakarta -

Kasus pembunuhan bos pabrik wajan di Kabupaten Bantul, Budiyantoro (38) ternyata didalangi oleh istrinya sendiri. Kasus pembunuhan yang dilakukan oleh istri ini sudah pernah beberapa kali terjadi.

Kasus pembunuhan oleh istri ini pernah terjadi pada tahun 2019. Kasus ini melibatkan istri yang merencanakan pembunuhan terhadap suaminya karena cekcok utang piutang.

Kasus pembunuhan suami oleh istri juga pernah terjadi di Ciputat.

Dirangkum detikcom, Selasa (20/4/2020) berikut ini deretan kasus pembunuhan suami yang diotaki istri.

1. Aulia Kesuma di Lebak Bulus

Aulia Kesuma membunuh suaminya, Pupung pada 23 Agustus 2019. Kasus ini bermula saat Aulia terlilit banyak utang yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah. Aulia meminta suaminya, Pupung, menjual rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Namun Pupung tidak menyetujui hal itu. Karena merasa jengkel, mulailah Aulia menyusun strategi untuk membunuh Pupung beserta anak tirinya, Dana. Dengan maksud, jika Pupung terbunuh, otomatis hartanya untuk Aulia.

Rencana pembunuhan itu disusun bersama anaknya, Geovanni Kelvin Oktavoanus Robert, serta pembantu dan pembunuh bayaran yang dibayar Aulia, yaitu Kusumawanto alias Agus, Muhammad Nursahid alias Sugeng, Karsini alias Tini, Rody Saputra, dan Supriyanto.

Setelah korban dibunuh, kedua jenazah dibuang di Jalan Raya Cidahu, Desa Pondokkaso Tengah, Sukabumi, Jawa Barat. Jenazah terlebih dahulu dibakar dengan maksud menyamarkan jejak.

Belakangan, kasus ini terungkap dan para pelaku diproses oleh kepolisian. Mereka diadili di PN Jaksel dalam berkas terpisah.

Pada 15 Juni 2020, PN Jaksel menjatuhkan hukuman mati bagi Aulia dan anaknya, Geovanni karena terbukti melakukan kejahatan pembunuhan berencana. Vonis mati itu dikuatkan Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta pada 18 Agustus 2020.

Aulia dan Geovanni tidak terima divonis mati dan mengajukan banding. Atas banding yang diajukan itu, Pengadilan Tinggi Jakarta pun memutuskan menguatkan vonis hukuman mati terhadap Aulia. Pada tingkat kasasi, hukuman mati Aulia kembali diperkuat.

2. Istri Driver Ojol di Ciputat

Ada juga kisah Samsudin (41), driver ojol di Ciputat, Tangerang Selatan, yang dibakar istrinya, hingga berakhir tragis. Samsudin mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 11 Februari 2021.

Aksi istri bakar suami di Ciputat ini terjadi pada Kamis, 4 Februari 2021, dini hari. Sang istri berinisial K telah merencanakan aksinya kepada sang suami dengan mempersiapkan 1 liter bensin.

Korban mengalami luka parah saat itu dan dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan istrinya melarikan diri ke Semarang, Jawa Tengah.

Hanya berselang sehari, tepatnya Jumat (5/2), polisi menangkap K di Semarang, Jateng. Polisi mengungkap motif K membakar suami lantaran merasa kesal kerap dianiaya oleh korban.

Atas perbuatannya itu, K ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini K sudah ditahan di Polres Tangerang Selatan.

Simak juga 'Eksklusif! Pengakuan Rian si Pelaku Pembunuhan Berantai di Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2