Zona Merah Corona di RI Turun, Kini Tersisa 11 Daerah

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 15:32 WIB
Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Satgas COVID-19 RI memberikan keterangan mengenai perkembangan terkini terkait zonasi selama pandemi Corona. Zona oranye Corona di Indonesia meningkat.

Mulanya, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan jumlah zona merah Corona RI mengalami penurunan dibandingkan minggu lalu. Data ini terangkum per 18 April 2021.

"Pada minggu ini terjadi penurunan jumlah kota/kabupaten zona merah, dari 11 kabupaten/kota zona merah, jadi 6. Ini perkembangan yang baik mengingat minggu lalu, zona merah meningkat jumlahnya," ujar Wiku dalam siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/4/2021).

Sementara itu, zona oranye pada minggu ini bertambah dibanding minggu lalu.

"Kabupaten/kota di zona oranye dari 316 kabupaten/kota minggu lalu jadi 322 kabupaten/kota (minggu ini). Untuk zona kuning menurun 1 kabupaten/kota dari minggu sebelumnya, zona hijau jumlahnya tetap," jelas Wiku.

Wiku menjelaskan ada 37 kabupaten/kota yang berpindah dari zona kuning ke zona oranye. Ke-37 kabupaten/kota itu mayoritas berada di wilayah Jawa Barat.

"Dari 37 kabupaten/kota kontribusi terbanyak dari Jabar yakni 7 kabupaten/kota, Lampung dan Jatim juga menyumbangkan kabupaten/kota yang cukup banyak berpindah dari zona kuning ke (zona) oranye 6 dari Lampung dan 4 dari Jatim," tutur Wiku.

"Mohon agar dapat dijadikan perhatian prioritas bagi gubernur, bupati dan walkot di provinsi dan kabupaten/kota yang berpindah ke zona oranye agar zona risiko tidak semakin memburuk," sambungnya.

Simak video 'Denpasar dan 5 Daerah Lainnya Masuk Zona Merah Covid-19 Minggu Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/imk)