Penampakan Penganiaya Perawat Siloam Pakai Baju Tahanan Hitam Putih

Prima Syahbana - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 12:41 WIB
Penampakan Penganiaya Perawat RS Siloam Pakai Baju Tahanan Hitam Putih
Jason Tjakrawinata Foto: (Prima Syahbana/detikcom)
Palembang -

Foto Jason Tjakrawinata (38), pelaku penganiayaan terhadap perawat RS Siloam Sriwijaya Palembang memakai baju tahanan hitam putih beredar viral di media sosial. Polisi membenarkan foto tersebut adalah penampakan tersangka yang saat ini berada di sel.

"Iya betul itu foto tersangka Jason, pelaku penganiayaan perawat RS Siloam Sriwijaya," kata Kapolrestabes Palembang, Kombes Irvan Prawira kepada detikcom, Selasa (20/4/2021).

Irvan mengatakan, kini tersangka Jason ditahan di tahanan Mapolrestabes Palembang. Namun Irvan masih menelusuri sumber awal foto tersebut.

"Pelaku memang di tahan di sel tahanan Polrestabes Palembang. Sumber fotonya masih kita telusuri," katanya.

Jason tampak memakai baju tahanan hitam putih dalam foto yang diunggah oleh akun Instagram @perawat_peduli_palembang. Foto tersebut dibubuhi caption yang menandakan pelaku saat ini sedang di tahanan sambil menunggu proses hukum berjalan.

"Semoga kejadian ini bisa memberi pelajaran untuk kita semua bahwa setiap manusia punya nilai perikemanusiaan yang tidak bisa disamakan dengan makhluk lainnya. Jadi hargai setiap jasa, jika itu pun salah tegur dan hindari kekerasan yang selain menyakiti fisik akan melukai mental bagi korban. Jika memang tidak teratasi dengan cara itu pun atau benar merupakan kesalahan serius beri penyelesaian hukum dengan tertib dan adil," tulis akun tersebut.

Jason sebelumnya ditetapkan jadi tersangka kasus penganiayaan perawat RS Siloam Sriwijaya, Palembang, Christina Ramauli Simatupang. Dia juga ditahan di Polrestabes Palembang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Jason dijerat Pasal 351 KUHPidana dengan ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan penjara karena menganiaya perawat RS Siloam. Selain itu, Jason dijerat pasal perusakan karena merusak ponsel milik perawat RS Siloam lainnya, berinisial AR, yang pada saat kejadian merekam aksi keributan tersebut.

Jason Tjakrawinata telah mengakui perbuatannya dan meminta maaf. Dia mengaku menganiaya perawat tersebut karena emosi sesaat.

"Mendengar anak saya menangis pada saat hendak pulang dari RS Siloam, saya emosional hingga nekat mendatangi perawat tersebut di RS tersebut," kata Jason di Mapolrestabes Palembang, Sabtu (17/4).

"Anak saya sudah empat hari dirawat di sana dan saya harus bolak-balik untuk menjenguknya. Mendengar infus anak saya dilepas hingga anak saya menangis, saya tidak terima," sambungnya.

Sambil menundukkan kepala dengan terbata-bata, Jason menyesali perbuatannya. Dia meminta maaf kepada korban dan pihak RS Siloam.

"Saya emosi sesaat dan saya menyesali perbuatan saya. Saya benar-benar minta maaf kepada korban dan pihak RS Siloam," jelasnya.

Lihat juga Video: Soal 'Saya Polisi' di Penganiayaan Perawat RS Siloam, Ini Penjelasannya

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)