Daftar Safari Lintas Provinsi Gubernur: RK, Anies hingga Khofifah

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 12:25 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kantor Pemprov Jabar (Gedung Sate)
Ridwan Kamil dan Khofifah bertemu / Foto: Faiq Azmi
Jakarta -

Aksi safari sejumlah gubernur di luar daerahnya beberapa waktu terakhir menjadi sorotan. Tak hanya kunjungan, mereka juga menemui kepala daerah lainnya.

Siapa saja kepala daerah yang safari dan apa saja yang mereka bicarakan? Berikut rangkumannya:

1. Ridwan Kamil bertemu Gubsu Edy Rahmayadi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada Rabu (31/3/2021) di rumah dinas Edy di Jalan Jenderal Sudirman Medan. Ridwan Kamil mengatakan dia ke Sumut untuk bertemu dengan sejumlah kepala daerah penghasil minyak dan gas. Pertemuan itu untuk menyuarakan soal keadilan setiap daerah penghasil minyak.

"Ya saya ini terpilih sebagai ketua umum daerah daerah penghasil migas dan energi terbarukan di bulan Desember. Kemudian daerah-daerah penghasil migas di Sumatera bersepakat ingin berkumpul di Medan, di hari ini untuk tiga urusan. Untuk menyuarakan perjuangan keadilan karena banyak daerah-daerah merasa penghasil energi tapi pendapatan ke daerahnya belum maksimal. Terlalu banyak prosedur dan lain-lain," sebut Ridwan Kamil.

"Kedua, SDM-SDM (sumber daya manusia) di daerah lagi kita tingkatkan agar bisa bersaing di level global. Ketiga, persiapan energi terbarukan. Indonesia sudah telat sekali, Denmark sudah 100 persen, kita baru 4 persen," sambungnya.

2. Ridwan Kamil bertemu Wali Kota Medan Bobby Nasution

Usai ketemu Gubsu Edy, di hari yang sama, RK melanjutkan safarinya di Medan. RK bertemu dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution. RK awalnya salat magrib di salah satu masjid di kawasan Kesawan. Dia kemudian mendatangi Rumah Tjong A Fie dan makan bersama Bobby.

Ridwan Kamil mengaku sengaja meminta waktu bertemu dengan Bobby. RK mengaku belum mengucapkan selamat sejak Bobby dilantik.

"Karena lokasinya ada di Kota Medan, kurang sopan kalau saya tidak bertemu Wali Kota yang kebetulan saya belum mengucapkan selamat. Alhamdulillah berkenan diterima, ditraktir makan malam," ujarnya.

Dia juga mengaku menyampaikan ide soal reformasi birokrasi hingga penataan kota. Menurutnya, Pemprov Jabar punya aplikasi untuk membantu reformasi birokrasi yang juga bisa digunakan di Medan.

"Saya sebagai yang pernah jadi Wali Kota tadi menyampaikan gagasan-gagasan agar Medan cepat bisa berubah baik dari reformasi birokrasi, kami ada aplikasi-aplikasi yang nanti kita bantu hibahkan kalau berkenan, Kedua, karena saya juga arsitek yang pernah wali kota, gagasan untuk pedestrianisasi ini baik, tinggal aktivitasnya harus didesain apakah kuliner PKL, apakah tiang-tiang lampunya," katanya.

Simak juga Video: Masuk 5 Besar Survei Capres 2024, RK: Belum Ada Janur Kuning

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2