Brantas Abipraya Bagi Pengalaman Garap Kota Lama Semarang ke Pemko Medan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 10:51 WIB
Brantas Abipraya
Foto: Dok. Brantas Abipraya
Jakarta -

BUMN Konstruksi PT Brantas Abipraya (Persero) berbagi pengalaman mengerjakan penataan kota lama Semarang ke Wali Kota Medan Bobby Nasution. Hal ini merujuk pada rencana Pemko Medan mencontoh kota lama Semarang dalam upaya percepatan penataan dan pengelolaan kawasan Kesawan.

"Sebuah kehormatan bagi kami dipercaya untuk dapat sharing knowledge, berdiskusi bersama membangun kembali keelokan kawasan lama Medan dengan bangunan bersejarahnya," ujar Direktur Operasi 2 Brantas Abipraya Widyo Praseno dalam keterangan tertulis, Selasa (20/4/2021).

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri undangan di Kantor Wali Kota Medan, dalam acara 'Sharing Knowledge Penataan Kawasan Kota Lama dari Revitalisasi Kota Lama Semarang' pada Jumat (16/4) lalu.

Widyo berharap Kota Medan dapat segera memulai peremajaan kawasan heritage-nya. Sehingga dapat menjadikan kawasan Kesawan lebih tertata dan dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

"Semoga apa yang telah kami sampaikan dalam pertemuan ini dapat mendorong upaya percepatan revitalisasi kota lama di Medan dan nantinya tidak hanya mempercantik kota, namun juga bisa membuka banyak lapangan pekerjaan serta meningkatkan perekonomian masyarakat di Medan," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution menilai kegiatan berbagi pengetahuan tentang penataan dan pengelolaan kota lama ini sangat bermanfaat dalam upaya percepatan penataan kawasan bersejarah Kesawan. Menurutnya, Pemkot Medan telah memulai langkah penataan kawasan kota lama di Medan yakni Kesawan.

"Salah satunya dengan meluncurkan Kesawan City Walk yang dipadukan dengan branding kuliner Medan, The Kitchen of Asia. Selain untuk melestarikan cagar budaya, merawat kemajemukan Medan, program ini sekaligus memberdayakan UMKM," ungkapnya.

Diketahui, dipercayanya Brantas Abipraya berbagi pengetahuan revitalisasi kota lama ini tak lepas dari keberhasilannya yang membuat kawasan kota lama Semarang kian anggun usai diremajakan perusahaan konstruksi yang telah membangun Indonesia selama 40 tahun ini.

Sebagai kontraktor penataan kota lama Semarang, usai direvitalisasi tahun 2019 lalu, kini kota lama Semarang menjadi instagramable dan ramai dikunjungi tak hanya wisatawan lokal maupun dari mancanegara.

Tonton juga Video: PT Brantas Abipraya Ajak Beradaptasi Sambut New Normal

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)