detikKultum Prof Nasaruddin Umar: Mencontoh Sifat-sifat Tuhan

Kristina - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 05:56 WIB
Jakarta -

Bulan Ramadhan memiliki banyak hikmah. Melalui ibadah puasa, kita menjadi paham dan turut merasakan bagaimana sifat-sifat yang dimiliki Allah SWT.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar mengatakan, menahan hawa nafsu dan amarah di bulan Ramadhan adalah salah satu bentuk mencontoh sifat-sifat Allah SWT.

"Bulan suci Ramadhan ini adalah bulan yang paling bagus untuk melakukan training, sedapat mungkin kita bisa mencontoh sifat-sifat Allah SWT. Jadi, mari kita latih diri kita untuk bersabar, tidak larut dengan keinginan nafsu dan emosi," kata Prof Nasaruddin Umar dalam detikKultum detikcom, Selasa 20 April 2021.

Allah SWT adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Prof Nasaruddin melanjutkan, jika kita ingin mencontoh sifat-sifat Allah SWT maka yang diutamakan adalah cinta bukan benci.

Selama menjalankan ibadah puasa kita bisa saling mengasihi terhadap sesama. Menurutnya, datangnya bulan suci menjadi momentum yang baik bagi umat Islam untuk mencontoh sifat-sifat Allah SWT.

Prof Nasaruddin turut berpesan, sebagai umat Islam kita tidak boleh mengatasnamakan Quran, Allah, Rasulullah tapi isinya adalah kebencian, penakhlukan, dan kesengsaraan. Memperkalkan Islam harus mengedepankan cinta bukan kebencian.

Selengkapnya detikKultum bersama Prof Nasarudin Umar: Mencontoh Sifat-sifat Tuhan tonton DI SINI.

(erd/erd)