Korban Kebakaran Keagungan Jakbar Dipermudah Urus Surat Kehilangan

Mei Amelia R - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 00:53 WIB
Korban kebakaran di Keagungan Taman Sari Jakbar
Foto: Korban kebakaran di Keagungan Taman Sari Jakbar (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Polisi membuka posko pelayanan terpadu di lokasi kebakaran di Keagungan, Tamansari, Jakarta Barat. Di posko tersebut, masyarakat bisa mengurus surat kehilangan.

"Dengan adanya posko pelayanan tersebut masyarakat yang akan mengurus surat penting ataupun berharga lainnya akibat kebakaran dapat dengan mudah dibuat," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dalam keterangannya, Senin (19/4/2021).

Dengan adanya posko pelayanan terpadu ini, masyarakat korban kebakaran tidak perlu datang ke kantor polisi untuk membuat laporan kehilangan surat-surat berharga, seperti SIM, STNK, BPKB, ijazah, sertifikat tanah dan lainnya.

"Jadi masyarakat tidak perlu jauh jauh ke kantor kepolisian untuk mengurus surat kehilangan tersebut. Tentunya kami juga dari kepolisian juga akan berkoordinasi dengan pihak lainnya seperti Dukcapil," ujarnya.

Kapolsek Metro Tamansari AKBP Iver Son Manossoh mengatakan sampai saat ini ada sekitar 7 warga dari RW 01 dan RW 02 yang sudah mendatangi posko pelayanan terpadu untuk mengurus surat kehilangan.

"Kami dari kepolisan bekerja sama dengan Dukcapil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di posko pelayanan terpadu," imbuhnya.

Trauma Healing

Polres Metro Jakarta Barat juga memberkan trauma healing kepada anak-anak korban kebakaran. Saat ini para korban mengungsi di posko pengungsian RW 01 dan RW 02 Kelurahan Keagungan, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Dalam kesempatan yang sama, Polres Jakbar dan Kodim 0503/Jakarta Barat juga memberikan bantuan kepada korban kebakaran.

Adapun, bantuan yang diberikan berupa masker 2.000 pcs, air mineral 100 dus, susu 10 dus, mie instan 20 dus, biskuit 10 dus, dan takjil buka puasa.

"Bantuan ini sebagai bentuk wujud kepedulian kami TNI dan Polri terhadap para korban kebakaran," imbuh Ady.

Kebakaran hebat melanda permukiman padat di Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (19/4) sore. Akibatnya ada 112 rumah terdampak.

"Informasi data sementara perkiraan bangunan yang terbakar sebanyak 112 rumah tinggal di RW 01 dan RW 02 Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat," kata Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat, Eko Sumarno, dilansir dari Antara, Senin (19/4/2021).

Eko mengatakan warga yang terdampak kebakaran itu mencapai 250 Kepala Keluarga (KK). Mereka merupakan warga RT 001 dan 005 di RW 01, serta RT 004, 005, 006, 007, 008 di RW 02.

(mei/mea)