detikcom Do Your Magic

Komisi D DPRD Minta Bina Marga Perhatikan Betul Macet Jelang Tapal Kuda LA

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 15:40 WIB
Macet jelang flyover tapalkuda, di Jl Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, 8 April 2021. (Haris Fadhil/detikcom)
Macet menjelang flyover tapal kuda di Jl Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, 8 April 2021. (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komisi D (Bidang Pembangunan) DPRD DKI Ida Mahmudah meminta Dinas Bina Marga memikirkan solusi kemacetan yang terjadi menjelang flyover tapal kuda Lenteng Agung dari Depok arah Jakarta. Sampai saat ini kemacetan masih tetap terjadi tiap pagi pada hari kerja.

"Harapan kami, Bina Marga betul-betul memperhatikan lagi ruas jalan arus bawah flyover ini agar tidak terjadi penumpukan," kata Ida dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (19/4/2021).

Pelebaran jalan dipandangnya sebagai solusi untuk mengakhiri kemacetan tiap pagi di ruas itu. Soalnya, Jl Lenteng Agung Raya menyempit tepat di samping tanjakan flyover tapal kuda Lenteng Agung. Keruan saja, macet terjadi pada jam-jam sibuk.

Namun karena solusi pelebaran jalan tidak bisa cepat dilakukan Bina Marga DKI, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI dan Satpol PPP dapat dikerahkan untuk mengatur lalu lintas. Berdasarkan pantauan detikcom, petugas Dishub DKI sering kali mengatur lalu lintas di jalanan yang macet dekat kampus IISIP itu.

"Langkah awalnya saat ini Bina Marga bisa bekerja sama dengan Dishub dan Satpol PP dahulu untuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di titik naik flyover," kata Ida.

Indikator Google Maps pada pagi tadi menunjukkan kemacetan masih berlangsung jelang flyover tapal kuda Lenteng Agung. Pada menu 'traffic' di Google Maps, dinamika kondisi lalu lintas bisa diamati sesuai dengan jamnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2