Fakta-fakta Gempa Taiwan Terjadi 2 Kali, Hanya Berselang 3 Menit

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 13:17 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Ilustrasi gempa Taiwan (Foto: iStock)
Taipei -

Gempa Taiwan terjadi dua kali pada Minggu (18/4) malam waktu setempat. Gempa pertama diketahui berkekuatan Magnitudo (M) 5,8, sementara gempa kedua berkekuatan M 6,2.

Berikut fakta-fakta Gempa Taiwan yang dilansir dari Reuters dan Taiwan News, Senin (19/4/2021).

Gempa Taiwan Terjadi Dua Kali

Gempa mengguncang wilayah Taiwan Timur sebanyak dua kali pada hari yang sama. Gempa pertama mengguncang sejumlah bangunan di ibu kota Taipei sekitar pukul 10.11 malam waktu setempat. Berkekuatan Magnitudo (M) 5,8, gempa memiliki kedalaman 15 km (9 mil). Pusat gempa berada di daerah Hualien, pantai timur Taiwan, yang memiliki wilayah bergunung-gunung dan jarang penduduk.

Gempa Taiwan yang kedua terjadi dengan skala 6,2. Gempa itu berada di kedalaman 13,9 km dengan pusat gempa di Hualien.

Hanya Berselang 3 Menit

Antara gempa Taiwan pertama dan kedua terjadi hanya berselang 3 menit. Gempa Taiwan pertama terjadi pada pukul 10.11 malam waktu setempat, sementara gempa kedua terjadi pukul 10.14 malam waktu setempat.

Para penduduk Taiwan melaporkan menerima pesan teks darurat di ponsel mereka yang memperingatkan gempa bumi telah terjadi pada pukul 10.11 malam. Mereka diminta berhati-hati terhadap kemungkinan guncangan susulan. Belum ada laporan korban maupun kerusakan akibat dua gempa Taiwan tersebut.

Wisatawan Berhamburan ke Jalan

Media Taiwan mengatakan para tamu di hotel-hotel di Kota Hualien berhamburan turun ke jalan setelah gempa Taiwan melanda. Diketahui, Hualien adalah tujuan wisata populer di negara itu.

Kereta Beroperasi Normal

Kementerian Transportasi Taiwan mengatakan operasi jalur kereta berkecepatan tinggi pulau itu, yang beroperasi di pantai barat Taiwan, tidak terpengaruh akibat gempa yang terjadi.

Sementara itu, Pemerintah Kota Taipei mengatakan sistem kereta bawah tanah juga kembali beroperasi seperti biasa setelah kereta sempat diperintahkan memperlambat kecepatan sementara.

Tidak Ada Kerusakan

Departemen Pemadam Kebakaran mengatakan belum menerima laporan adanya kerusakan usas gempa Taiwan.

Diketahui bahwa Taiwan terletak di pertemuan dua lempeng tektonik Bumi dan sangat rawan dilanda gempa bumi. Gempa Taiwan terparah terjadi pada September 1999 dengan kekuatan Magnitudo 7,6 yang menewaskan 2.400 orang. Tahun lalu, wilayah Hualien diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 6,4 yang menewaskan 17 orang.

(izt/imk)