Ramadhan Jadi Berkah bagi Penjual Bahan Kue Asal Malang

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 12:58 WIB
UMKM
Foto: dok. Shopee Indonesia
Jakarta -

Datangnya bulan suci Ramadhan menjadi berkah bagi masyarakat Tanah Air. Di momen ini perekonomian dapat lebih bergairah karena transaksi meningkat, khususnya di sektor makanan. Musababnya sebagian besar umat muslim mempersiapkan menu hidangan untuk berbuka dan sahur.

Salah satu yang dirasakan adalah bisnis bahan kue, Susandewiksu yang kecipratan berkah bulan Ramadhan dengan order yang melimpah.

Pemiliknya, Susan Dewi, mengatakan usaha yang ia geluti sejak 4 tahun lalu masuk ke salah satu kategori yang paling banyak dibutuhkan pembeli. Ia pun harus mempersiap secara detail bisnisnya agar bisa menjawab kebutuhan pasar.

Susah harus mempersiapkan kelancaran logistik untuk mengantisipasi lonjakan pesanan. Produk juga harus dipastikan ready stock setiap harinya dan selalu cepat diproduksi kembali. Sebab di bulan Ramadhan produk yang dibeli semakin beragam mulai dari bahan baku kue, makanan ringan UMKM lokal, dan lain-lain.

Untuk meningkatkan daya jualnya, Susan mengikuti salah satu kampanye di bulan Ramadhan yakni Big Ramadhan Sale dari Shopee. Ia mengaku terdapat lonjakan pesanan di tengah kampanye yang sudah menjadi langganan baginya. Susan pernah mendapat 700-800 orderan dalam sehari.

Padahal ia mengaku awalnya ragu untuk menjalankan usaha tersebut. Namun karena dorongan suami ia pun akhirnya terjun langsung ke industri bahan kue.

"Kesempatan yang ada harus dilanjutkan dengan taking action yaitu kita mencobanya. Di awal memulai bisnis, kami tidak ada nama toko akhirnya suami mendaftarkan atas nama saya susandewiksu," ujar Susan dalam keterangan tertulis, Senin (19/4/2021).

Menariknya, bisnis online yang ia jalani ini pada awalnya hanya bisnis sampingan saja. Susan pun bisa dikatakan gagap teknologi (gaptek). Namun, dari suaminya ia belajar Indonesia dan negara lain mulai mengadopsi perubahan dari offline ke online salah satunya lewat platform e-commerce. Ia pun akhirnya mencoba untuk mendaftarkan usahanya ke Shopee dengan menggunakan nama Susandewiksu.

"Boleh dibilang nama tokonya asal, tetapi luar biasa saya berterima kasih dengan Shopee dapat membantu kami yang awalnya buta teknologi menjadi gajah dalam waktu singkat menurut penilaian para supplier kami," ujar Susan.

Berkat digitalisasi tersebutlah, pertumbuhan bisnis dari Susah bisa dikatakan cukup signifikan. Usaha yang dimulai dari garasi rumah kini sudah menambahkan pegawainya menjadi 30 karyawan. Usahanya juga sudah memiliki fasilitas yang terintegrasi dengan rekanan ekspedisi lokal yang mengantarkan produk-produk Susandewiksu.

Lihat juga video 'Jangan Remehkan! Walaupun Hanya Memberi Takjil Saat Berbuka':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)