Transaksi Penjual Bahan Kue Ini Naik Selama Pandemi

Abu Ubaidillah - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 12:26 WIB
UMKM
Foto: dok. Shopee Indonesia
Jakarta -

Adaptasi bisnis ke digital terutama di masa pandemi rupanya membuka peluang berbagai bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Termasuk untuk salah satu bisnis master bahan kue, Susandewiksu.

Pemilik Susandewiksu, Susan Dewi menjelaskan di masa pandemi ini pertumbuhan bisnisnya meningkat 2 kali lipat pada tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya. Diakui, kemudahan transaksi menjadi salah satu alasannya.

Susan bercerita awal mula usahanya dijalankan sejak empat tahun lalu di Kota Malang, Jawa Timur. Berbekal hobi membuat kue dan jadi lulusan food science, ia terinspirasi untuk memulai usaha toko bahan kue.

Awalnya Susan tak mengerti sama sekali mengenai digitalisasi bisnis yang umum dikenal berjualan produk lewat e-commerce. Dari suaminya yang bekerja di bidang digital marketing, ia mendapat dorongan untuk membuka bisnis online.

"Kesempatan yang ada harus dilanjutkan dengan taking action yaitu kita mencobanya. Di awal memulai bisnis, kami tidak ada nama toko akhirnya suami mendaftarkan atas nama saya Susandewiksu," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/4/2021).

Susan yang awalnya menjalankan bisnis ini sebagai sampingan kini sudah menjadikannya sebagai fokus utama kegiatannya. Menurutnya bisnis yang dilakukan dengan pola pikir sampingan maka hasilnya juga akan sampingan sedangkan dengan pola pikir yang terarah ia berpendapat usahanya di Shopee bisa memiliki pertumbuhan yang baik.

"Boleh dibilang nama tokonya asal, tetapi luar biasa saya berterima kasih dengan Shopee dapat membantu kami yang awalnya buta teknologi menjadi gajah dalam waktu singkat menurut penilaian para supplier kami," lanjutnya.

Dalam menjalankan bisnisnya, ia menamakan strateginya dengan 'service excellence'. Melalui strategi ini Susan menjaga kualitas produk serta service yang ia berikan kepada pelanggan. Hasilnya, ia menemukan konsumen yang melakukan pembelian hingga 32 kali dengan nominal pembelanjaan yang semakin besar.

Memasuki bulan Ramadhan jenis usahanya masuk ke dalam salah satu kategori paling banyak dibutuhkan. Ia mempersiapkannya dengan memastikan produknya ready stock. Ia pun mengikuti kampanye Big Ramadhan Sale dari Shopee.

Lonjakan pesanan di tengah kampanye yang banyak ditunggu masyarakat Indonesia sudah biasa baginya, ia mengaku pernah dapat 700-800 transaksi dalam sehari.

(prf/ega)